SERBUAN VAKSIN GO TO SCHOOL SMA NEGERI 1 DEWANTARA GELOMBANG KEDUA HAMPIR MENCAPAI HERD IMMUNITY

Laporan Breaking CP-NEWS

Dewantara -Catur Prasetya News Kepala Kepolisian Resor Lhokseumawe Polda Aceh AKBP. Eko Hartanto S.IK MH Mewakili Kaplsek Dewantara AKP. ZAFLAINI SH meninjau langsung serbuan vaksin di wilayah Sektor Dewantara Polres Lhokseumawe Kab. Aceh Utara yang digelar di Pelantaran Halaman Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dewantara Kab. Aceh Utara Senin (27/9/2021).

“Tujuan dari vaksin itu sendiri, untuk meningkatkan imun tubuh dan membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya.Doc Chandra 27/9/21

Kapolsek Dewantara menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya menekan laju pertumbuhan Covid-19 dengan berbagai langkah. Misalnya dari segi pengendalian yaitu melakukan strategi penerapan PPKM Level 1 hingga 4.

Sekolah SMAN 1 Dewantara Telah Menggelar Aksi Vaksinasi Go to School sebanyak Dua kali, gelombang Pertama Berhasil melakukan vaksin Sebanyak 150 Lebih Siswa dan Gelombang Kedua Mencapai 1620 siswa.

Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21


Kepala Sekolah SMAN1 DEWANTARA Mustafa S.Pd mengatakan “Alhamdulillah Serbuan Vaksin Disekolah Kami kian mendekati Target Herd Immunity lebih Dari 350 orang warga sekolah sudah divaksin, baik Siswa maupun tenaga Pendidik/Kependidikan” ujar Mustafa

Disisi lain, lanjutnya, bagaimana upaya mempercepat vaksinasi Dipihak sekolah. Sehingga dengan begitu, siswa mendapat kekebalan dari serangan virus corona. Karena vaksin ini, Mustafa, S.Pd menekankan, merupakan kunci dalam pengendalian Covid sekaligus modal dasar dalam hidup berdampingan dengan virus tersebut adalah Vaksin Ungkap Mustafa S.Pd disela sela kegiatan Vaksin Gelombang kedua (27/9/21)

Terkait hal ini, Kapolsek Dewantara meminta agar jajaran Tenaga Pendidik/Kependidikan agar lebih aktif dalam mengakselerasikan percepatan vaksinasi.

“Nanti kami komunikasikan agar mempermudah pelaksanaan vaksin ke Sekolah Sekolah diwilayah hukum sektor Dewantara Polres Lhokseumawe. akan ditingkatkan sehingga pencapaian persentase yang saat ini berada di angka 50% bisa meningkat dan sama capaian yang dilaksanakan secara nasional,” tekan mantan Kanit Reskrim Polsek Dewantara

Terkait dengan pelaksanaan Vaksinasi Tersebut turut hadir Kepala Puskesmas Dewantara Dr Iskandar, juga Hadir Kepala Cabang DIK Aceh Wilayah Aceh Utara Ahmad Yamani S.Pd. M.Pd di SMAN 1 Dewantara, Kapolsek DEWANTARA menyampaikan Pesan Amanah Bapak Kapolres Lhokseumawe, bahwa dengan penguatan proses vaksinasi, akan memperkuat kesiapan dari proses kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal itu tentunya harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat disiplin atau ketat” pungkas AKP. ZAFLAINI, SH

“Vaksinasi pelajar diharapkan dapat memperkuat kesiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan menjadikan vaksin sebagai persyaratan bagi pelajar, guru maupun perangkat sekolah. Vaksinasi di lokasi pendidikan seperti ini juga diharapkan dapat menjadi sentra vaksinasi bagi orang tua murid maupun warga sekitar sebagai upaya akselerasi vaksinasi sehingga segera mencapai target capaian Herd Immunity,” papar ZAFLAINI

Tidak lupa, Kapolsek Dewantara juga mengingatkan meskipun telah mendapat dosis vaksin, Siswa dan Guru agar tetap mematuhi Prokes dan mendownload aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya pemantauan setiap kegiatan masyarakat.

Serbuan vaksinasi di Sekolah sekolah Wilayah Kecamatan Dewantara Kab. Aceh Utara, sementara di SMAN 1 Dewantara Pontianak ditargetkan 700 pelajar mendapat dosis vaksin yang Telah Divaksin Mencapai 350 Lebih Yang Telah divaksin.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SiK MH melalui Kapolsek Turut Apresiasi atas Aksi Giat Kemanusian yang digelar oleh Pihak Sekolah.

“Melihat capaian tersebut, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, mari bersama berbondong-bondong meluangkan waktu untuk melaksanakan program vaksinasi di tempat-tempat yang telah disediakan agar kekebalan komunal dapat segera terwujud,” tutup Kapolsek Dewantara AKP. ZAFLAINI, SH

Laporan Guslian Ade Chandra

Media Catur Prasetya News
  • Efek Jalan Tol SIBANCEH Di Aceh

    BANDA ACEH | Catur Prasetya News – Sarana Transportasi Pembangunan infrastruktur di Aceh mengalami peningkatan pesat. Saat ini Aceh telah memiliki tol yang menghubungkan beberapa daerah.
    Dengan pembangunan ini apakah membawa signifikansi dalam hal-hal yang lain. Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dapat memiliki dampak positif yang tidak langsung terhadap pendidikan.

    *Efek Jalan Tol SIBANCEH Di Aceh*

    *Pembangunan Tol Sigli Banda Aceh dan Dampaknya*

    Ada beberapa hal yang umum dapat disebutkan sebagai dampak positif dalam pembangunan jalan tol ini seperti aksesibilitas ke pendidikan, akses ke sumber belajar, koneksi antar daerah, dan dampak ekonomi.
    Setelah kita telusuri, ada hal lain yang dapat dicermati seperti, pengembangan teknologi dan inovasi yang cenderung mengarah ke pergeseran paradigma masyarakat setempat khususnya dan masyarakat lain pada umumnya.

    MANFAAT INFRASTRUKTUR JALAN TOL

    Untuk Digaris Bawahi sesungguhnya Pembangunan jalan TOL bukan sekadar proyek fisik, ini menjadi simbol kemajuan dan perubahan yang dapat merangsang pertumbuhan individu, dan masyarakat, komunitas secara mendalam.
    Pembangunan ini menghadirkan tantangan baru dalam hal penyesuain dan adaptasi. Perubahan ini menciptakan kesempatan bagi individu dan komunitas untuk belajar mengatasi hambatan, berkolaborasi dan meningkatkan keterampilan adaptasi.

    Selain infrastruktur ini dapat mengubah dinamika sosial, dan ekonomi suatu daerah, namun juga memicu diskusi, dan perdebatan tentang nilai-nilai keadilan, dan tujuan bersama.
    Dalam menghadapi hal ini, masyarakat dapat memperkuat ikatan sosial mereka, meningkatkan kapasitas komunitas, dan memperkaya identitas budaya mereka.

    Bagi stakeholder, dan entitas yang terlibat, tentu ini menjadi pusat diskusi publik yang luas. Berbagai pihak mulai dari pemerintah lokal hingga masyarakat sipil dan kelompok advokasi berpartisipasi dalam proses ini dengan memberikan masukan, mempertanyakan kebijakan dan mengajukan solusi.

    Diskusi publik akan memainkan peran penting dalam memperkaya pengetahuan masyarakat tentang proyek-proyek infrastruktur dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

    Hal ini memungkinkan masyarakat memahami implikasi proyek tersebut secara lebih baik,

    mempertimbangkan berbagai sudut pandang, dan menyampaikan kekhawatiran atau aspirasi mereka kepada pemangku kepentingan terkait.

    Karena pekerjaan ini melibatkan banyak pihak maka ini akan memperkaya dinamika sosial di masyarakat, tentang kolaborasi, membangun hubungan kerja yang kuat dalam rangka mencapai tujuan bersama.

    Proses ini tidak hanya memperkuat solidaritas dan kebersamaan di antara masyarakat tetapi juga mendorong pertukaran pengetahuan dan keterampilan antar berbagai sektor dan profesi.
    Jalan alternatif seperti tol dalam beberapa kasus sangat membantu untuk menghindari berbagai kecelakaan yang biasa terjadi pada daerah Seulawah.
    Hari ini terjadi kecelakan truk pada daerah tersebut. Dan durasi kecelakaan pada jalan nasional daerah Seulawah tersebut dapat dikatakan tinggi. Hal ini sangat dikhawatirkan. Maka ke depan alternatif jalan tol dapat menjadi pilihan demi keamanan.
    Hal khusus yang membawa dampak positif bagi masyarakat juga ada seperti naiknya harga tanah sekitar dan yang terkena dampak pembangunan. Pada awalnya nilai tanah sekitar tidak tinggi namun dengan adanya pembangunan ini maka harga tanah sekitar mengalami perubahan.

    Daerah sekitar exit tol juga mengalami perubahan, dampak ekonominya, seperti terbukanya peluang usaha untuk masyarakat sekitar. Warga setempat juga dapat memikirkan bisnis apa yang sesuai untuk dikembangkan di sekitar tempat tersebut.
    Masyarakat menjadi meningkat pendapatan dan membuka peluang baru bagi usaha-usaha setempat. Selain kenyaman dan keamanan yang diperoleh dari memanfaatkan perjalanan lewat tol. Efisiensi dalam hal waktu dan juga lebih ekonomis serta efektif dalam jarak tempuh perjalanan.

    Dalam hal dampak lingkungan, pembangunan ini melintasi kawasan hutan dan daerah yang dihuni warga. Tentu ini menarik karena menjadi pengetahuan baru untuk masyarakat.
    Pendekatan yang dilakukan yaitu mengutamakan kehati-hatian terhadap lingkungan dalam setiap tahapan pembangunan.
    Aceh dikenal dengan habitat satwa liarnya yaitu gajah dan beragam hewan lainnya. Gajah merupakan spesies yang membutuhkan habitat yang luas untuk hidupnya.

    Pembangunan ini akan memotong jalur migrasi alami gajah, membagi habitat mereka menjadi fragmen yang lebih kecil.

    Hal ini dapat mengganggu pola migrasi dan menyebabkan konflik dengan manusia, yaitu masyarakat setempat dan sekitarnya.
    Maka diperlukan koridor habitat yang terhubung dan utuh, ini akan menjaga populasi gajah dapat stabil dan berkelanjutan.
    Di beberapa negara Wildlife Crossing merupakan infrastruktur yang dirancang khusus untuk memungkinkan pergerakan satwa liar melintasi jalur transportasi manusia seperti jalan raya atau jalan tol dengan aman.
    Tujuan utama Wildlife Crossing adalah selain menjaga satwa tetap aman dan meminimalkan tabrakan antara kendaraan, ini untuk mempertahankan ekologi dengan memungkinkan pergerakan hewan yang bebas antara habitat yang terpisah oleh bagunan jalan.
    Beberapa negara yang telah menerapkan, tersebut seperti, Belanda, Kanada, Amerika Serikat dan Australia. Penerapan ini tidak hanya melindungi satwa liar, namun mempromosikan keberlanjutan ekologi dan keselamatan transportasi.
    Ini adalah contoh konkret dari bagaimana infrastruktur dapat dibangun dengan memperhatikan kebutuhan lingkungan dan keberlanjutan.
    Pembangunan jalan ini diharapkan dapat berefek pada pendidikan sebagai stimulus untuk pergerakan kemajuan kedepan dan diharapkan akan menjadi spektrum baru bagi stakeholder dalam memperhatikan pembangunan dalam segala sektor dengan falsafah inklusivitas dan kesetaraan dalam segala bidang pembangunan.
    Editor Chandra (16/5/24)

  • Pecat Pejabat Sewenang-Wenang Pelaku Pungli “Darurat Pungli: Stop Intimidasi Pelapor”
    Pecat Pejabat Sewenang-Wenang Pelaku Pungli “Darurat Pungli: Stop Intimidasi Pelapor”

    LHOKSUKON | Catur Prasetya News – Pelayanan Standar Minimum Tenaga Pendidik dan Tenaga Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara Salah satu sekolah Favorit di Aceh utara Kuat dugaan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan terkesan tidak Profesional dan Tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimun.

    Hal ini Berdasarkan Kunjungan Investigasi LSM GASPARI (Gerakan Aspirasi Pemuda Aceh Rakyat Indonesia) 18 April 2024 Krueng Mane Kec Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, hal ini dapat dibuktikan saat tim Investigasi LSM GASPARI Konfirmasi Petugas Guru Piket yang mencerminkan Tidak Profesional. Bahkan Tim Investigasi kesulitan memohon kepada petugas Pik|t yang Ironisnya tidak memiliki Nomor Kontak Persons Kepsek SMPN 1 MUARA BATU. Ironisnya sebagian besar. tenaga pendidik terkesan takut akan arogansi kepala sekolah yang Melarang Guru piket tersebut untuk menghubungi atqu memberikan nomor kontak pimpinan disekolah SMPN 1 MUARA BATU.

    Pecat Pejabat Sewenang-Wenang Pelaku Pungli “Darurat Pungli: Stop Intimidasi Pelapor”

    TIM INVESTIGASI LSM GASPARI Menduga pengusutan pungutan liar (pungli) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024 yang Disinyalir ada nya biaya pungutan liar yang berbungkus Baju Seragan sekolah yang menimbulkan beberapa pertanyaan terkait penetapan adanya keputusan pihak sekolah menetapkan biaya. baju seragam sekolah yang dikerjakan oleh pihak sekolah.

    Permasalahan ini mengingatkan kita pada persoalan intimidasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di DISDIKBUD ACEH UTARA Khususnya Di sekolah SMPN 1 Muara batu Kabupaten Aceh utara.
    Dua kasus tersebut membuat publik berpikir, ketika berhadapan atau menyaksikan pungli, apa yang
    seharusnya dilakukan? Apakah melapor atau diam? Apabila melapor, apakah terdapat jaminan aman?

    Pungli: Bagian dari Korupsi di Sekolah
    Pungli menyeruak pada pelaksanaan PPDB 2023. Padahal, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 1 Tahun 2021 tentang PPDB menegaskan pungutan PPDB dilarang dilakukan di sekolah negeri dan sekolah swasta yang mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pungli PPDB berlangsung masif, tak hanya terkecuali di Kabupaten Aceh Utara.

    Kepolisian setempat bahkan membuka hotline pengaduan pungli dan menurunkan Satuan Tugas Sapu Bersih
    (Satgas Saber) pungli. Sehingga menjadi ironis apabila pelapor pungli mendapat intimidasi.

    Standart Pelayanan Minimun (SPM) Di sekolah SMPN 1 Muara Batu Aceh Utara,. Tennaga pendidikb atas,


    Pungli PPDB bukan satu-satunya pungli yang terjadi di sekolah. Pada kegiatan kegiatan memperingati hati Maulid Nabi Muhammad SAW lalu, kepala sekolah di
    Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara
    Atas jabatannya sebagai kepala sekolah sulit dihubungi. Bahkan Karena melakukan pungli berkedok Jual beli baju seragam ciri khas sekolah setiap PPDB.

    Selain pungli berkedok Sumbangan Kegiatan Agama Memperingati hari maulid Nabi Muhammad Saw berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, pungli yang kerap terjadi di sekolah yaitu pungli terkait ujian, sertifikasi guru, praktikum, dan untuk menebus surat keterangan lulus serta pungli berkedok pembelian seragam,
    buku, dan lainnya dengan harga yang Dipertanyakan.

    Standart Pelayanan Minimun (SPM) Di sekolah SMPN 1 Muara Batu Aceh Utara,. Tennaga pendidikb atas,


    Lembaga; Swadaya Masyarakat Gerakan Aspirasi Pemuda Aceh Rakyat Indonesia (LSM GASPARI) pada tren penindakan kasus korupsi 2016-2021 mencatat terdapat 76 dari 242 kasus korupsi pendidikan yang ditindak penegak hukum terjadi di sekolah. 18%
    diantaranya berbentuk pungli.

    Angka ini terdengar tidak banyak. Namun, perlu diingat bahwa pungli
    di sekolah seringkali tidak terungkap atau berakhir di meja penegak hukum. Hal ini tak lepas dari
    masalah ketakutan untuk melapor dan pungli yang semakin dinormalisasi di lingkungan sekolah.

    Standart Pelayanan Minimun (SPM) Di sekolah SMPN 1 Muara Batu Aceh Utara,. Tennaga pendidikb atas,

    Sehingga, penanganan praktik curang tidak cukup. Perlu ada perbaikan sistem yang bermuara pada ketentuan yang ditetapkan Kemendikbudristek.


    Sulitnyq Konfirmasi Kepqla Sekolah SMPN 1 Miara Batu yaitu Salahuddin M.Pd saat berkoordinasi petugas guru piket kesannya acuh tak acuh saat melayani Masyarakat

    Aksi aksi Investigasi LSM GASPARI saat memohon untuk dipertemukan dengan KEPSEK SMP NEGERI 1 MUARA BATU. patut dipandang sebagai penolakan atas semangat memberantas korupsi di sekolah.

    Dampaknya bukan hanya secara personal terhadap Masyarakat sebagai
    pelapor, tetapi juga akan membuat
    korupsi di sekolah semakin tumbuh subur dan membungkam pihak
    yang memilih berani melawan pungli. Narasi “loyalitas dan kepatuhan terhadap pimpinan”, sebagaimana tercantum dalam surat pemecatan guru honorer tersebut jelas merupakan bentuk pembungkaman atas praktik koruptif yang harus diperangi.

    Sebaliknya, guru yang berani melaporkan korupsi di sekolah harus diapresiasi. Jika tidak, keberadaannya akan semakin langka. Keberanian membongkar korupsi dan dukungan untuk membongkar korupsi akan menumbuhkan keberanian pihak lain untuk melaporkan hal serupa..

    Tindakan Masyarakat atau Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat melaporkan pungli Kepada PENYIDIK DAN JPU juga merupakan wujud menjaga integritas sekolah. Tindakan tersebut merupakan contoh baik bagi peserta didik di lingkungan sekolah.

    Ada nilai keberanian dan kejujuran yang sedang dibangun. Sebab sejatinya sekolah bukan hanya tentang proses belajar mengajar dalam kelas, tetapi tempat menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan integritas.

    Penegakan Hukum segera ditegakkan, pihak yang berwenang segera mungkin melakukan penindakan Pungli yang diduga kuat di SMP N 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara nyatanya hasil Pantauan dan amatan terindikasi Pungutan Liar.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, diminta segera mencopot kepala sekolah dari jabatannya termasuk pihak yang terlibat dalam tindak pidana Korupsi.

    Kepsek SMPN 1 Muara Batu Aceh Utara yang Akrab Disapa Salahuddin yang dinilai tidak mampu menjalankan Tugas Dan Jabatannya secara Profesional dan atas kinerja yang zidak memenuhi Standart Pelayanan Minimun, Kadis DISDIKBUD Aceh Utara KEPSEK SMP Negeri 1 Muara Batu tersebut dapat diturunkan dari jabatan kepala sekolah dan menjadi guru tanpa jabatan karena terbukti melakukan gratifikasi pada PPDB dan PUNGLI Kegiatan Maulid Nqbi Muhammad SAW Tahun 2023 – 2024.

    Apakah pencopotan dari jabatan tersebut sudah setimpal? “Dosa” kepala sekolah tersebut tidak hanya melakukan gratifikasi, melainkan juga menyalah gunakan jabatan serta wewenangnya untuk bertindak sewenang-wenang.

    Merujuk pada Peraturan Pemerintah No. 94 tahun 2021 tentang Disiplin ASN, pencopotan jabatan sudah termasuk salah satu bentuk penjatuhan sanksi berat. Namun perlu ditimbang ulang, dengan berlapisnya pelanggaran yang dilakukan oleh kepala sekolah SMPN 1 Muara Batu Pemerintah Kabupaten Aceh Utara perlu menjatuhkan sanksi yang akan efektif dan berdaya cegah.

    Terlebih lagi, pungli di sekolah dan arogansi terhadap bawahan hari ini semakin marak, berlawanan dengan upaya pemberantasan korupsi, dan mencoreng citra satuan pendidikan yang dipimpinnya.

    Pungli di sekolah, terlebih dilakukan oleh kepala sekolah, disaksikan oleh warga sekolah, tak terkecuali peserta didik. Tindakan koruptif yang dilakukan sosok yang seharusnya menjadi teladan
    tersebut dapat menjadi contoh buruk.

    Sehingga sudah semestinya sanksi yang dikenakan tidak sekedar pencopotan dari jabatan sebagai kepala sekolah. Sanksi lain misalnya yaitu pemotongan tunjangan dalam jangka waktu tertentu atau bahkan pemberhentian sebagai ASN.

    Tidak hanya pungli, bentuk arogansi pejabat terhadap bawahan dan siapapun yang berupaya membongkar pungli harus dilawan. Pencegahan korupsi dan pendidikan antikorupsi di sekolah sudah seharusnya tidak sekedar himbauan dan ceramah dalam kelas. Oleh karena itu, terkait fenomena
    intimidasi terhadap pelapor pungli, Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Aspirasi Pemuda Aceh Rakyat Indonesia mendesak:

    Sehingga, penanganan praktik curang tidak cukup. Perlu ada perbaikan sistem yang bermuara pada ketentuan yang ditetapkan Kemendikbudristek.



    1. Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengevaluasi mekanisme penerimaan pengaduan dan tindak lanjut pengaduan pungli dan memberikan jaminan perlindungan terhadap pelapor pungli atau korupsi. Meski pengaduan dapat dilakukan anonim, pada faktanya terlapor kerap dengan mudah dapat mendeteksi pelapor. Upaya yang perlu dilakukan diantaranya:

    a. Merahasiakan identitas pelapor;
    b. Merahasiakan daftar saksi dan waktu pemeriksaan saksi atau pihak terkait;
    c. Menonaktifkan terlapor pungli selama proses investigasi dugaan pungli berlangsung untuk mencegah dikeluarkannya keputusan yang akan merugikan terduga pelapor
    (pihak yang dicurigai sebagai pelapor oleh terlapor).

    2. Pemerintah dan pemerintah daerah selaku pejabat pembina kepegawaian memberi sanksivberat terhadap jajaran birokrasi atau ASN yang melakukan upaya intimidasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, sesuai m ketentuan yang diatur dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin ASN.

    3. Pemerintah Kota Bogor selaku pejabat pembina kepegawaian Kota Bogor memberikan sanksi lebih berat kepada kepala sekolah atau pejabat lain pelaku pungli yang juga mengeluarkan kebijakan yang intimidatif kepada terduga pelapor. Sebab, pejabat tersebut telahbmelakukanvpelanggaran berlapis ketentuan pelanggaran berat dalam PP Disiplin ASN.

    Di sisi lain, pencegahan dan penanganan yang efektif terkait pungli di sekolah perlu semakin menjadi prioritas Kemendikbudristek, pemerintah daerah, dan bahkan penegak hukum. Pungli dan beragam persoalan dalam PPDB adalah persoalan berulang yang diyakini akan berulang sepanjang kursi sekolah negeri masih tidak mencukupi peserta didik baru, sekolah swasta tidak bebas biaya, dan belum meratanya mutu atau kualitas sekolah.

    Sehingga, penanganan praktik curang tidak cukup. Perlu ada perbaikan sistem yang bermuara pada ketentuan yang ditetapkan Kemendikbudristek.


    *EDITOR Guslian Ade Chandra 20/04/24*

  • Bolehkah Sekolah Mewajibkan Siswa Membelinya?Larangan Pihak Sekolah Menjual Seragam atau Bahan Seragam
    editor Chandra 18/4/24

    Ketua Investigasi LSM GASPARI Gerakan Aspirasi Pemuda Aceh Rakyat Indonesia (17/4/24) Melalui Siaran Pers mengenai wewenang sekolah untuk menjual seragam atau bahan seragam sekolah khususnya diwilayahnya Kabupaten Aceh Utara.

    Sebagaimana yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010, pemerintah secara tegas melarang setiap kegiatan penjualan seragam dan atribut sekolah di lingkungan sekolah. Larangan tersebut tertuang di dalam Pasal 181 dan Pasal 198 PP 17/2010, yang berbunyi:

    Pasal 181

    Belajar Hukum Secara Online dari Pengajar Berkompeten Dengan Biaya TerjangkauMulai DariRp. 149.000

    Pendidik dan tenaga kependidikan, baik perseorangan maupun kolektif, dilarang:

    a. menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di satuan pendidikan.

    Pasal 198

    Dewan pendidikan dan/atau komite sekolah/madrasah, baik perseorangan maupun kolektif, dilarang:

    a. menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di satuan pendidikan.

    Terhadap pendidik dan tenaga kependidikan yang melakukan penjualan seragam atau bahan seragam
    dapat dikenai sanksi administratif

    sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.[1]

    Bolehkah Sekolah Mewajibkan Siswa Membelinya?Larangan Pihak Sekolah Menjual Seragam atau Bahan Seragam*


    Sementara, dewan pendidikan dan/atau komite sekolah/madrasah yang melakukan penjualan seragam atau bahan seragam dikenai sanksi administratif berupa teguran tertulis oleh pemerintah atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya.[2]


    Ketentuan Pengadaan Seragam dan Bahan Seragam oleh Sekolah

    Namun demikian, terdapat ketentuan mengenai pengadaan seragam sekolah bagi peserta didik atau siswa dalam Permendikbudristek 50/2022.

    Pada prinsipnya, pengadaan pakaian seragam sekolah menjadi tanggung jawab orang tua atau wali peserta didik. Adapun pihak sekolah dapat membantu pengadaan pakaian seragam sekolah dan pakaian adat peserta didik, dengan memprioritaskan peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi.[3]

    Namun demikian, dalam pengadaan pakaian seragam, sekolah tidak

    Kunjungi SMPN 1 MUARA BATU ACEH UTARA. (18/4/22)

    boleh mengatur kewajiban dan/atau memberikan pembebanan kepada orang tua atau wali peserta didik untuk membeli pakaian seragam sekolah baru pada setiap kenaikan kelas dan/atau penerimaan peserta didik baru.
    Apabila ketentuan tersebut dilanggar oleh sekolah, maka pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dan/atau kepala sekolah dikenakan sanksi administratif berupa:[4]

    peringatan lisan;
    peringatan tertulis;
    penundaan kenaikan pangkat, golongan dan/atau hak-hak jabatan; atau
    sanksi administratif lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Secara lebih khusus, pungutan seragam atau bahan seragam dalam tahapan penerimaan siswa didik baru (“PPDB”) diatur di dalam Pasal 27 ayat (1) huruf b angka 2 Permendikbud 1/2021 yang menyatakan bahwa sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dilarang melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.
    Langkah Jika Sekolah Mewajibkan Siswa Beli Seragam

    Jika pihak sekolah “memaksa” peserta didik untuk membeli seragam atau bahan seragam dalam proses PPDB, maka sekolah dapat dilaporkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Layanan Informasi dan Pengaduan Kemendikbudristek dan/atau dinas pendidikan provinsi atau kabupaten kota.[5]

    Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengaduan terhadap sekolah yang melanggar ketentuan tentang pengadaan seragam atau bahan seragam, kepada penyelenggara, ombudsman, dan/atau Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.[6]



    Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengaduan terhadap sekolah yang melanggar ketentuan tentang pengadaan seragam atau bahan seragam, kepada penyelenggara, ombudsman, dan/atau Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.[6]

    Pengaduan tersebut diajukan oleh setiap orang yang dirugikan atau oleh pihak lain yang menerima kuasa untuk mewakilinya.[7]

    Perkaya riset hukum Anda dengan analisis hukum terbaru dwibahasa, serta koleksi terjemahan peraturan yang terintegrasi dalam Hukumonline Pro, pelajari lebih lanjut di sini.

    Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

    Dasar Hukum:

    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
    Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

    Hasil Tinjauan SMP NEGERI 1 MUARA BATU ACEH UTARA (18/4/24)
    Hasil Tinjauan SMP NEGERI 1 MUARA BATU ACEH UTARA (18/4/24)
    Hasil Tinjauan SMP NEGERI 1 MUARA BATU ACEH UTARA (18/4/24)
  • DISDIKBUD Kabupaten Aceh Utara Tegaskan, Tak Ada Perubahan Seragam Sekolah Usai Lebaran
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin S.Sos., M.Pd.

    Lhoksukon | Catur Prasetya News – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara Jamaluddin S.Sos., M.Pd. menegaskan tak ada perubahan ketentuan mengenai seragam untuk siswa di sekolah.


    Hal ini menanggapi ramainya perbincangan warganet baru-baru ini. Banyak yang berasumsi adanya perubahan seragam sekolah usai libur lebaran tahun ini, yang didalihkan dengan peraturan Kementerian Pendidikan terbaru.
    “Menanggapi pemberitaan yang beredar tentang perubahan seragam sekolah yang berlaku pasca lebaran, kami sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar,” kata Jamaluddin saat dihubungi, Selasa, 16 April.
    Jamaluddin S.Sos., M.Pd. menegaskan bahwa tidak ada peraturan tapapun terkait perubahan seragam sekolah, sebagaimana yang beredar di media sosial.


    “Tidak ada perubahan aturan mengenai seragam sekolah. Semua masih merujuk kepada Permendikbudristek no. 50 tahun 2022, sehingga tidak ada aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam baru pada tahun 2024.,” ujarnya.


    Sejatinya, aturan terbaru mengenai seragam sekolah siswa oleh Kemendikbudristek dikeluarkan pada tahun 2022, yakni Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 tentang Baju Seragam Sekolah bagi Peserta didik Tingkatan Pengajaran Dasar dan Pengajaran Menengah. Aturannya adalah:
    – Jenjang SD/SDLB: atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati untuk jenjang SD
    – Jenjang SMP/SMPLB: Atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua
    – Jenjang SMA/SMALB/SMK/SMKLB: Atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu
    Kemudian, ada juga seragam pramuka, merujuk pada figur dan warna baju seragam yang diatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.


    Memang, aturan yang ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Makarim pada 7 September ini menambahkan seragam khas sekolah serta baju adat.
    Seragam Khas Sekolah sebagaimana ditunjukkan dalam Pasal 8 merupakan seragam yang berbunyi “diatur sekolah dengan melihat hak tiap-tiap siswa untuk melaksanakan agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa sesuai keyakinannya.”


    Kemudian, ada pula baju adat. Ketetapan mengenai penerapan pakaian ada di sekolah tercantum dalam Pasal 9 yang berbunyi “Figur dan warna baju adat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 diatur Pemerintah Daerah dengan melihat hak tiap siswa untuk menjalankan agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa seperti keyakinannya.
    Terakhir Kadis Dikbud Aceh Utara menghimbau, “Kita harus bijak dalam mencerna informasi dan ber literasi” pungkas Jamaluddin
    Report by Chandra (16/04/24)

  • Memasuki Pengusahaan Tahap III “Pembangunan Tol Lhokseumawe- Sigli-Langsa”
    Penjabat Gubernur Aceh, Bustami (tengah). Foto: Humas Pemerintah Aceh

    BANDA ACEH | Catur Prasetya News – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menugaskan PT Hutama Karya, melakukan pengusahaan terhadap 24 ruas jalan tol Trans Sumatera.

    Hal itu bertujuan untuk mempercepat pembangunan tak terkecuali Tol Lhokseumawe-Sigli dan Langsa-Lhokseumawe, yang masuk dalam kategori tahap III.


    Memasuki Pengusahaan Tahap III “Pembangunan Tol Lhokseumawe- Sigli-Langsa” Report by Chandra 16/04/24


    Pengusahaan ruas jalan tol Tahap III sendiri dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR), setelah mendapat pertimbangan dari Menteri Keuangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara.

    Sedangkan untuk Tahap I, pengoperasiannya dilaksanakan paling lambat Desember 2024.

    Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, menyampaikan kabar baik itu merupakan harapan dari masyarakat Aceh, terkait kelanjutan pembangunan jalan Tol Siglie-Banda Aceh (Sibanceh) sampai ke perbatasan wilayah Sumatera Utara.

    “Pemerintah dan rakyat Aceh sangat berterima kasih dengan kebijakan Presiden atas terbitnya Perpres 100 ini, karena keberlanjutan pembangunan Tol di Aceh meningkatkan konektivitas jalan tol di Sumatera,” kata Bustami, Senin, 15 April 2024.

    Bustami meyakini keberlanjutan pembangunan Tol di Aceh akan memacu perkembangan kawasan dari berbagai sektor. Seperti ekonomi, perdagangan, industri, wisata dan lainnya.


    Bagi pengguna jalan tol, kata Bustami, tentu memberikan nilai tambah bagi setiap penggunaanya dalam memilih moda angkutan yang digunakan.

    Bustami menyebutkan saat ini pembangunan Jalan Tol Sibanceh menyisakan 1 seksi (Padang Tiji-Seulimum) prosesnya masih terus dipacu dan ditargetkan beroperasi sebelum pelaksanaan PON XXI/2024 berlangsung.

    “Dengan adanya pengusahaan tahap III ruas jalan tol Lhokseumawe-Sigli dan Langsa-Lhokseumawe yang bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), memberikan harapan bagi Aceh dalam meningkatkan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi,” imbuh Gubernur.

    Diketahui, Presiden Joko Widodo, mengubah beberapa ketentuan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

    Perubahan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, yang ditandatangani pada Senin, 25 Maret lalu.

    Editor Chandra (16/4/24)

  • Sanksi bagi Kepala Sekolah yang Melanggar Aturan Seragam yang Ditetapkan Kemdikbud
    Sanksi bagi Kepala Sekolah yang Melanggar Aturan Seragam yang Ditetapkan Kemdikbud

    Lhokseumawe | Catur Prasetya News- Kemdikbud telah menetapkan aturan baru terkait seragam sekolah bagi siswa.

    Aturan seragam sekolah ini berlaku bagi siswa mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

    Kebijakan ini diatur dalam Permendikbud No 50 Tahun 2022 yang dikeluarkan pada bulan Oktober 2022 lalu.

    Penyeragaman pakaian sekolah ini bertujuan untuk menekankan kesetaraan tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa.

    Sanksi bagi Kepala Sekolah yang Melanggar Aturan Seragam yang Ditetapkan Kemdikbud (Editor Chandra 16/04/24)


    Dalam Permendikbud No 50 Tahun 2022, terdapat empat jenis seragam sekolah yang diperbolehkan, yaitu:

    1. Seragam Nasional

    Siswa dapat mengenakan seragam nasional pada hari Senin, Kamis, dan saat pelaksanaan upacara bendera.

    2. Seragam Pramuka

    Penggunaan seragam pramuka di sekolah tidak diatur secara baku oleh Kemdikbud.

    Setiap sekolah memiliki kebijakan sendiri terkait waktu penggunaan seragam pramuka.

    3. Seragam Khas Sekolah

    Motif pakaian khas sekolah disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah.

    4. Seragam Adat

    Siswa dapat mengenakan seragam adat pada hari atau acara adat tertentu.

    Pemerintah daerah dan kepala sekolah diharapkan mematuhi Permendikbud No 50 Tahun 2022 dalam menerapkan aturan seragam sekolah.

    Bagi kepala sekolah yang melanggar aturan ini, terdapat sanksi administratif sesuai dengan Pasal 14 Permendikbud No 50 Tahun 2022.

    Sanksi tersebut meliputi:

    – Peringatan secara lisan

    – Peringatan secara tertulis

    – Penundaan kenaikan pangkat, golongan, dan/atau hak-hak jabatan

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia


    Penting bagi para kepala sekolah dan pemerintah untuk mematuhi aturan ini guna menjaga kedisiplinan dalam penerapan seragam sekolah bagi siswa.

    Demikianlah sanksi bagi kepala sekolah yang melanggar aturan seragam yang telah ditetapkan oleh Kemdikbud sebagaimana dilansir dari Permendikbud No 50 Tahun 2022.

    Editor Chandra (16/4/24)

    ucapan selamat Hari Raya idul Fitri 2024

  • Kasatpol PP Lhokseumawe Beri Klarifikasi “Oknum Satpol PP Rusak Kantor,”
    Kasatpol PP Lhokseumawe Beri Klarifikasi “Oknum Satpol PP Rusak Kantor,”

    Lhokseumawe | Catur Prasetya News – Seorang oknum anggota Satpol gPP, WH dan Linmas Kota Lhokseumawe, melakukan aksi perusakan di kantornya pada Kamis (4/4) pagi. Peristiwa ini dipicu oleh kekecewaan oknum tersebut terhadap proses pencairan gaji yang tertunda.

    Menanggapi kejadian tersebut, Kasatpol PP, WH dan Linmas Lhokseumawe, Heri Maulana, memberikan klarifikasi. Heri menjelaskan bahwa penundaan gaji dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan kedisiplinan dan profesionalisme anggota.

    “Sejak bulan Desember 2023, kami telah melakukan asesmen menyeluruh terhadap seluruh anggota. Asesmen ini meliputi berbagai aspek, termasuk tes wawasan kebangsaan, tes fisik, dan tes narkoba di BNNK,” ujar Heri.

    Heri menegaskan bahwa penundaan gaji bukan hanya terkait dengan surat bebas narkoba, seperti yang diklaim oleh oknum yang melakukan perusakan.

    “Penundaan gaji ini merupakan bagian dari proses asesmen yang lebih komprehensif. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh anggota Satpol PP Lhokseumawe memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dalam menjalankan tugasnya,” tegas Heri.

    Kasatpol PP Lhokseumawe Beri Klarifikasi “Oknum Satpol PP Rusak Kantor,”


    Heri menambahkan bahwa bagi anggota yang absen kerja tanpa keterangan, gajinya juga akan ditahan sementara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk disiplin dan efek jera.

    “Kami ingin membangun Satpol PP Lhokseumawe yang profesional dan berintegritas. Anggota yang tidak disiplin dan tidak memiliki komitmen tidak akan dibiarkan,” kata Heri.

    KASAT POL PP WH & LINMAS KOTA LHOKSEUMAWE HERI MAULANA


    Heri juga menjelaskan langkah selanjutnya bagi para anggota yang absen. Mereka akan dibina dan dibimbing di Balai Rehabilitasi Moral dan Akhlak Satpol PP, WH dan Linmas Kota Lhokseumawe untuk meningkatkan kedisiplinan dan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama.

    “Kami yakin bahwa pembinaan di Balai Rehabilitasi Moral dan Akhlak akan membantu anggota yang absen untuk kembali bekerja dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran,” ujar Heri.

    Heri berharap dengan klarifikasi ini, situasi dapat lebih dipahami dan langkah-langkah penegakan disiplin di lingkungan Satpol PP dapat terus ditingkatkan.

    “Kami mohon maaf atas insiden ini dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme Satpol PP Lhokseumawe,” tutup Heri.

    Editor Chandra
    Lhokseumawe, (05/04/24)

  • KABARESKRIM “POLISI HARUS ADAPTIF AGAR BISA PREDIKSI KEJAHATAN DI ERA AI”
    *KABARESKRIM: POLISI HARUS ADAPTIF AGAR BISA PREDIKSI KEJAHATAN DI ERA AI* Editor Chandra 5/4/24

    Jakarta | Catur Prasetya News – Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada bicara mengenai kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) serta kaitannya dengan tugas dan tantangan Polri di masa kini serta mendatang. Wahyu menekankan soal kemampuan anggota Polri beradaptasi dengan berkembangan teknologi.

    “Bangsa yang paling maju sekarang bukan bangsa yang paling besar. Makhluk yang bisa survive sekarang bukan makhluk yang paling kuat dan paling besar, tapi manusia. Karena apa? Karena manusia bisa survive, bisa beradaptasi dengan bumi,” ucap Wahyu mengawali pidatonya dalam Seminar Sekolah Mahasiswa S1 STIK Angkatan 81 di Auditorium Mutiara Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).

    Seminar ini bertajuk ‘Navigating Through the AI Impersonation Deluge: Shaping a Roadmap for Government Response’. Wahyu menyebut kini manusia akrab dengan kata ‘digitalisasi’, bahkan aspek kehidupan pun kini berlomba serba makin digital.

    SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

    “Perkembangan teknologi ini menyebabkan sebuah proses digitalisasi yang mempengaruhi berbagai aspek hidup manusia, baik di bidang pemerintahan, pendidikan, dan keamanan,” ujar Wahyu.


    “Di ibu kota negara, nanti pemerintah akan menerapkan smart city. Artinya akan dikembangkan hal-hal terkait dengan seperti ini. Ini harus kita siapkan semuanya,” lanjut Wahyu.

    Di tengah kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan yang ditawarkan digitalisasi karena adanya AI, Wahyu menegaskan AI pun menyimpan tantangan sendiri, khususnya untuk kepolisian yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas).

    “Kehadirannya bisa jadi solusi, tapi juga bisa jadi tantangan. Sehingga kita harus bijak memanfaatkannya. Kalau tiba-tiba robot yang dibikin manusia, bisa memanipulasi dirinya, membuat algoritma dirinya sendiri tak bisa kita kendalikan, mereka akan menjadi musuh kita,” ucap Wahyu.

    Dia pun mendorong mahasiswa PTIK/STIK Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri berada di garda terdepan dalam menaikkan tingkat kemampuan terkait AI, setelah lulus nanti. Wahyu juga menekankan para mahasiswa harus punya arah mengembangkan diri dan terus belajar sepanjang hayat.

    “Jadi AI tidak hanya bisa membantu kebaikan, tapi dapat mendorong kejahatan menjadi prevalen. Saya mendorong mahasiswa PTIK setelah lulus, naik kelas, berada di garda terdepan meng-upgrade kompetensi, meng-upgrade kapasitas ini,” tutur mantan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Mineral (As SDM) ini.

    “Mahasiswa, saya minta, memiliki arah dan tujuan, terus menjadi pembelajar sepanjang masa, dan terus memberi motivasi bagi internal untuk terus catch up dengan teknologi yang ada. AI ini bukan barang baru, tapi penguatan dari apa yang sudah ada,” lanjut dia,” tambah dia.

    Mantan Kapolda Aceh ini juga mengingatkan kembali pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal enam negara besar berbicara khusus mengenai AI saat G20 di India. “Pak Presiden kemarin sudah menyatakan, ‘Pada waktu terakhir G20 di India, urusan AI ini enam negara besar berbicara secara khusus. Saya menangkap ada ketakutan-ketakutan yang amat sangat mengenai AI’,” kata Wahyu sambal mengulangi ucapan Jokowi kala itu.

    Strategi Bareskrim



    Wahyu menyebut ada empat poin yang dapat dimaksimalkan penerapannya untuk menghadapi tantangan AI dan perkembangan teknologi. Agar kamtibmas tetap dalam kendali Polri.

    “Kejahatan ini selalu menjadi pertarungan, yang didukung dengan AI. AI nanti akan memperluas spektrum kejahatan dan meningkatkan skala kejahatan. Pemolisiannya harus bagaimana? Harus beradaptasi, adaptif terhadap perkembangan AI, untuk menganalisa data-data dan mengenali pola-pola dan membuat prediksi,” ungkap Wahyu.

    Wahyu membeberkan kejahatan di dunia siber semakin meningkat. Terbanyak adalah kasus pencemaran nama baik, penipuan, pornografi dan illegal access.

    “Kejahatan siber yang ada di Indonesia ini terus mengalami, jumlah bertambah banyak. Januari sampai Maret 2024 sendiri, ada 669 kasus yang ditangani dengan 448 kasus sudah dapat diselesaikan,” sebut dia.

    “Di era enable future crimes, Pemerintah harus berada di garis terdepan terkait kebijakan yang mengatur untuk memperkuat strategi ketahanan siber secara komprehensif. Bukan hanya tentang mengamankan infrastukturnya semata, tapi juga memperkuat ketahanan masyarakat terhadap manipulasi informasi, penipuan dan pencurian data. Juga membuat kerangka regulasi yang adaptif,” terang Wahyu..

    Editor Guslian Ade Chandra
    5 April 2023

  • Cegah Guantibmas, Satgas Preventif Polres Aceh Tengah Intensifkan Patroli Obyek Vital Dan Pusat Aktifitas Masyarakat*
    Cegah Guantibmas, Satgas Preventif Polres Aceh Tengah Intensifkan Patroli Obyek Vital Dan Pusat Aktifitas Masyarakat

    Takengon | Catur Prasetya News – Cegah timbulnya berbagai guantibmas jelang pemilu, Tim Patroli Sat Samapta Polres Aceh Tengah selaku Satgas Preventif Operasi Mantap Brata Seulawah intensifkan Patroli Obyek Vitak dan pusat aktifitas masyarakat, Senin (27/11/23).

    Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, melalui Kasat samapta, Iptu Akup Gaja, mengatakan, dalam patroli ini personel menyasar obyek vital dan tempat lainnya, Seperti Kantor KIP, Panwaslu, Bawaslu, Gudang Logistik Pemilu, Pasar, pertokoan, terminal, tempat berkumpulnya aktitas masyarakat dan kawasan yang diduga rawan timbulnya Guantibmas.


    Patroli ini sebagai upaya untuk menjaga Kamtibmas tetap kondusif di wilayah hukum Polres Aceh Tengah,” jelasnya.

    Lanjut Iptu Akup Gaja, selain berpatroli, personel juga melakukan dialogis dengan warga yang sedang beraktivitas dan menyampaikan pesan dan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

    “Selain itu, Personel juga menyampaikan kepada warga untuk melaporkan ke pos polisi terdekat jika melihat hal yang mencurigakan atau menghubungi layanan pengaduan Polres Aceh Tengah di call center 110,” pungkasnya.

    Perjalanan Karir Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra


    Diharapkan, Tambah Iptu Akup Gaja, dengan kegiatan tersebut dapat menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Aceh Tengah jelang pemilu 2024.


    Report By Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh 27/11/23

  • QUICK RESPONSIF POLRES LANGSA CALL CENTER 110


    Melalui Cal Center “110” Tim patroli Perintis Presisi Polres Langsa Respon cepat laporan masyarakat

    *Report by Chandra Korespondensi Humas Polres Langsa, Edos 29/9/23*



    LANGSA | Catur Prasetya News – Kepolisian Resort Langsa POLDA ACEH, Wujud Transformasi Menuju POLRES LANGSA YANG PRESISI, Yaitu Prediktif, Responbilty Transparan dan Berkeadilan Merupakan Harapan dan Impian Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

    Oleh Karenanya Polres Langsa Terkait Responbiltas atau terkait reaksi cepat Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Kota Langsa, Kapolres Langsa AKBP, Muhammadun, S.H., Melaksanakan Perintah Pimpinan “Satya Haprabu” Melalui Call Center Pelayanan Kepolisian “110” Tim patroli Perintis Presisi Respon laporan masyarakat yang diduga sekelompok remaja akan melakukan Tawuran di Gampoeng Tualang Teungoh dan Blang Pase Kota Langsa. Menjelang Jum,at (29/09/2023), Pukul 02.30 Wib. Dini Hari

    KBO Sat Samapta Poles Langsa IPTU Rusdianto mengatakan,” untuk mencegah dan antisipasi terjadinya Gangguan Keamanan yang diduga akan ada tawuran antar pemuda atau kelompok, kami merespon cepat setelah menerima laporan warga melalui call center 110,

    Kemudian Team patroli Perintis Presisi samapta Polres Langsa segera bergerak ke lokasi yang berada di seputaran Gampoeng Tualang Teungoh dan Blang Pase Kota Langsa.,” ujarnya

    *Report by Chandra Korespondensi Humas Polres Langsa, Edos 29/9/23*



    “Setelah tiba di lokasi, personil Patroli langsung melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi yang dilaporkan warga,

    “Polisi akhirnya menyisir diseputaran lokasi dan memeriksa satu persatu dan tempat dimana para remaja sering berkumpul.

    “Dilokasi itu kami tidak menemukan senjata tajam dan lainnya, kemudian kami memberikan himbauan Kamtibmas dengan Humanis namun tegas dan membubarkan mereka untuk segera pulang kerumahnya masing Masing,” pungkas Rusdianto yang memimpin Patroli Perintis Presisi itu.

    Ditempat terpisah Kapolres Langsa AKBP, Muhammadun, S.H., melalui Kasat Samapta AKP, Dasril, S.E., menghimbau kepada seluruh Elemen Masyarakat Kota Langsa, agar mari kita-sama menjaga Kota Langsa menjadi Aman tertip dan nyaman, dan menghubungi segera kelayananan Kepolisian 110 ketika mengetahui akan ada Gangguan ” Kita lebih baik Mencegah dari pada terjadi,” imbuhnya

    Untuk kita ketahui, Kata Dasril, bahwa tujuan call center 110 Polri ini untuk memudahkan sekaligus memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan pengaduan atau pelaporan terkait situasi KAMTIBMAS secara cepat. Dan ini merupakan program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo, salah satunya yaitu Responsibilitas.

    “Polri telah menyajikan sebuah sistem layanan call center “110” yang dapat memungkinkan terjadinya interaksi antara Polri dan masyarakat secara online terkait pelaporan dan pengaduan oleh masyarakat tanpa harus terlebih dahulu datang ke kantor polisi.

    “Cukup dengan mengakses atau menekan tombol nomor 110, bisa menggunakan telepon genggam (handphone) atau telepon rumah, masyarakat di wilayah hukum Polres Langsa sudah dapat berkomunikasi langsung dengan petugas Polri Polres Langsa Polda Aceh dan akan langsung terhubung dengan SPKT polres sesuai dengan lokasi terdekat dari masyarakat yang menghubungi,” jelas Kasat.

    “Jadi, Masyarakat saat ini sangat dengan mudah untuk berinteraksi atau berkomunikasi langsung antara Polri dan masyarakat secara online terkait pelaporan dan pengaduan oleh masyarakat tanpa harus terlebih dahulu datang ke kantor polisi,” tegasnya Dasril.

    “Jadi, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat yang telah menghubungi kami Polres Langsa, sehingga Tim Patroli Perintis Presisi dari Sat Samapta Polres Langsa dapat segera merespon cepat mengatasi dalam hal Pencegahan ini, sehingga masyarakat Kota Langsa tetap menjadi nyaman dan tentram” Ucap Dasril

    Report by Chandra. Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 29/9/23

  • ADA DUGAAN KORUPSI, PROYEK Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMKN 3 LHOKSEUMAWE Dibangun secara Swakelola Mencapai 1 Miliyar Bersumber DAK FISIK 2023
    Report by Chandra

    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News – Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dinas pendidikan harus memaksimalkan untuk Pembangunan gedung sekolah yang layak dan aman ,maka bangunan gedung sekolah itu harus safety sebab menyangkut keselamatan nyawa siswa siswi SMKN 3 LHOKSEUMAWE hanya untuk menjaga hal hak yang tidak diinginkan semua .pihak terjadi apa lagi dapat menelan korban jiwa

    Saat Tim Media ini mengunjungi Salah Satu pembangunan gedung sekolah SMKN 3 Lhokseumawe, Kecamatan Banda Sakti. Pusat Kota Lhokseumawe gedung sekolah yang di dominan gedung bertingkat 3 adalah salahsatunya sekolah Favorit dikota LHOKSEUMAWE.

    Bantuan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Aceh Yakni Pembangunan Rehabilitasi Ruang Praktik Kejuruan Dengan Tingkat Kerusakan Minimal Sedang Beserta Perabotnya, bersumberkan DAK Fisik Tahun Anggaran 2023 dengan Menelan Anggaran mecapai Rp 1 Miliyar, Ruang Praktek Kejuruan yang lokasinya berada disalah satu gedung Utama tepatnya ruang tersebut berada dilantai 3.

    Pembangunan yang dikerjakan Secara Swakelola oleh pihak Panitia Pembangunan Sekolah SMK Negeri 3 Lhokseumawe Yang saat ini dipimpin oleh Armiya, S.Pd., M.M. Dirinya resmi bertugas sejak tanggal 8 Januari 2020. Sebelumnya Armia bertugas menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 LHOKSEUMAWE yang bertugas Sekiranya pada tahun 2017 s/d 2020.

    ADA DUGAAN KORUPSI, PROYEK Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMKN 3 LHOKSEUMAWE Dibangun secara Swakelola Mencapai 1 Miliyar Bersumber DAK FISIK 2023

    Mantan Kepsek SMK Negeri 1 Lhokseumawe Yang sempat Viral tahun 2017 yang lalu tepatnya Personel Polres Lhokseumawe Satgas Tim Saber Pungli Polres Lhokseumawe lakukan Penindakan OTT Pungli disekolah.

    Armia yang juga sebagai Ketua Panitia Pembangunan Sekolah Kondisinya saat berita ini diturunkan dalam Keadaan Sakit Berat. kondisi Stroke menurut Informasi salah satu pegawai Tata usaha di SMKN 3 LHOKSEUMAWE, (9/9/23)


    Sebagai Informasi SMKN 3 LHOKSEUMAWE berdasarkan Hasil Amatan kami data Kemendikbud DAPODIK sekolah tersebut Memiliki Tenaga Pendidik atau Guru Sebanyak 66 Orang, Saat ini siswanya mecapai 502 Orang yang terdiri dari Siswa Laki-laki 209 Orang, Siswa Perempuan 293 Orang.

    Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE juga berkapasitas daya tampung Rombongan Belajar sebanyak 21 Ruang Kelas, Sekolah yang Dipimpin Armia ini mengaku bahwa Kepala sekolah saat sudah sangat jarang masuk sekolah lebih dari 3 Minggu dirinya tidak pernah mengunjungi sekolah, IRONISNYA Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE Hingga saat ini pelaksana tugas Harian pun tidak ada, sehingga menimbulkan dampak yang sangat Besar, khususnya dalam proses pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut.


    Karena disebabkan Oleh Azas Praduga tak bersalah Pembangunan Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMK Negeri 3 LHOKSEUMAWE yang menelan anggaran sebesar Satu Miliar, Hingga saat ini masih berjalan, Seiring perjalanan rentan waktu perkerjaan yang ditanda tangani dalam ikatan sebuah Kontrak kerja antra Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Panitia Pembangunan Sekolah (PPS) yang berdasarkan surat kontrak Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Aceh surat dinas Bernomor 004/SWAKELOLA/DAK-SMK/KT/DISDIK/2023 Ditanda tangani tanggal 03 JULI 2023.

    Tim Pelaksana Swakelola Dak Fisik SMKN 3 LHOKSEUMAWE Tahun 2023 yang beralamat Jalan .H. T. Markam No. 36 Desa Pusong Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Provinsi Aceh DISINYALIR Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan DAK FISIK 2023 Kesan Yang Tidak Transparan Dan Kepsek alias ketua Tim Swakelola SMKN 3 LHOKSEUMAWE yaitu saudara Armia dalam Kondisi kesehatan nya sakit yang lebih ironisnya susah dan sulit dihubungi serta juga Tidak ada Pengganti PLH Pejabat Pelaksana Tugas Harian.

    Kegiatan Pembangunan sekolah saat ini banyak menimbulkan kesan kesan negatif dalam proses pelaksanaannya, Perkerjaan Swakelola yang diduga kuat terindikasi adanya korupsi alasan yang pertama yaitu Limit Waktu Pengerjaan kegiatan Oleh Tim Panitia Pembangunan pelaksanaan 180 Hari Kerja Itu merupakan salah satu rentang waktu diduga kuat Limit Waktu Yang terlalu Banyak menelan waktu .

    hal ini berdasarkan Papan informasi Perkerjaan oleh Pelaksan. Perkerjaan Rehabilitasi Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE Berbeda seperti Pelaksana kegiatanya Sekolah yang juga saat ini sedang membangun sekolah yang bersumber DAK FISIK 2023.


    Pembangunan Sekolah yang Lain waktu kerja 120 Hari. Perkerjaan Swakelola SMKN 3 LHOKSEUMAWE yang Terkesan Tertutup Rapat alias tidak transparan.

    Report by Chandra

    Sekolah yang Mengelola Secara Swakelola Menimbulkan Dugaan Dugan Negatif diantara nya pembangunan gedung sekolah tersebut diduga kuat Volume Pembangunan Tersebut dipertanyakan spesifikasi nya apakah sesuai atau tidak sesuai dengan RAB, hal ini memang patut dipertanyakan karena ada nya dugaan korupsi, dari segi konstruksi serta pondasi yang dikerjakan semuanya menimbulkan Kecurigaan atas Opini Negatif yang berkembang.

    Karena untuk pembangunan gedung sekolah tersebut memakai uang negara yang dipungut dari pajak rakyat. Dikembalikan lagi kepada rakyat dalam bentuk pembangunan fisik, infrastruktur, seperti gedung sekolah tersebut. Maka jika ditemukan adanya penyimpangan /dugaan korupsi agar segera dilaporkan ke pihak Yang berwenang, baik Penyidik maupun Jaksa Penutut Umum diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengawasan dan Pemantauan secra khusus.

    Semoga saja Para auditor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Cabang Provinsi Aceh agar diaudit, jika ditemukan indikasi segera mungkin dilakukan Penindakan serta Diadili.

    Report By Chandra (13/9/23)

  • *AKIBAT TIDAK TRANSPARAN Proyek 12 Miliyar Pembangunan Jembatan Pirak Timur di Aceh utara DIDUGA KUAT REKANAN PERUSAHAAN TIDAK MEMILIKI MODAL TERKESAN PEMBANGUNAN DIKERJAKAN PROYEK SILUMAN”
    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh (6/9/23)



    Lhoksukon| Catur Prasetya News – Proyek Infrastruktur Jembatan Penghubung Gampong Asan Krueng Kreh dengan Gampong Asan LB dikecamatan Pirak Timu Kab Aceh Utara yang dibawah proyek pembangunan jembatan dibawah SKPA Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Aceh Utara Nusa diduga dikerjakan asal jadi. Pasalnya, proyek tersebut dikerjakan tidak sesuai SOP sebagaimana mestinya.

    Proyek 12 Miliyar Pembangunan Jembatan Pirak Timur di Aceh utara Diduga sebagai Dikerjakan Asal Jadi


    Proyek Konstruksi Pembangunan Jembatan Asan Krueng Kreh Kec Pirak Timur Kab Aceh Utara adalah salah satu akses penghubung antar desa Asan Krueng Kreh dengan Asan LB dan antar Kecamatan Pirak Timu dengan Kecamatan Lhoksukon dan matang Kuli.

    untuk dapat kami sampaikan bahwa jembatan ini kiranya telah lama Dinantikan oleh masyarakat di sekitar lingkungan pasalnya sudah 5 tahun akses penghubung itu belum juga rampung atau dikerjakan.

    menurut informasi yang dihimpun bahwa mulanya Pembangunan jembatan ini tipe Jembatan gantung penghubung dua kecamatan, Desa Asan Krueng Kreh, Kecamatan Pirak Timu dengan Desa Asan Arakeumudi Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara sudah dua tahun telantar. Padahal, jembatan tersebut mulai dibangun pada 2016 dengan dana APBA.


    sebelum dibangun abutment pada 2016, jembatan penghubung konstruksi kayu dirubuhkan pemerintah karena selain tak layak lagi. Selain itu juga untuk pembangunan jembatan baru. Lalu, pada 2016 dibangun abutment dengan dana yang bersumber dari APBA. Namun, pada tahun 2017 tak dilanjutkan lagi. Demikian juga pada 2018. Eksesnya, warga di kawasan itu harus melalui jalur alternatif, dengan jarak yang lebih jauh lagi.


    Saat ini Pemkab Aceh Utara melalui Dinas PUPR Melanjutkan Kontruksi jembatan tersebut, dengan pagu anggaran 12,2 Milyar dikerjakan oleh CV. PELITA KARYA yang Beralamat di jln Tgk Adee V Gp Doy Kec Ulee Kareng kota Banda Aceh.

    hasil Pemantauan Media ini yang langsung terjun kelapangan menemukan beberapa temuan diantaranya yang pertama kesannya proyek tersebut tertutup alias tidak transparan yaitu Tidak adanya Papan Informasi pembangunan jembatan tersebut.

    selanjutnya Rekanan dalam hal ini kesannya mengabaikan SOP seperti proyek tersebut tidak dibuat Pagar pembatas yang ditutupi oleh seng, yang berfungsi kenyamanan dan keamanan para pekerja.

    selanjutnya Tim media ini juga menemukan bahwa diduga kuat para kerja proyek tersebut tidak BERPEDOMAN SAFETY FIRST, salah satunya kami tidak menemukan spanduk peringatan Safety First dilokasi pembangunan.

    saat dikonfirmasi Rekanan ini mengaku kepada media bahwa proses pengerjaan terus berjalan, Makmur (42) Kepada Media ini mengaku bahwa realisasi anggaran pencairan ny batu satu kali, yaitu Pengamprahan DP 20% , untuk tahapan pelaksanaan sudah mencapai target 70% . hanya saja proses Pencarian Uang anggaran Terlalu lama dan hingga berita ini diturunkan, Anggaran Proyek 12 M tersebut belum juga dicairkan.

    Bahkan ironisnya Kondisi abutment atau kepala jembatan, terlihat jelas bagian konstruksi bawah jembatan saat ini (i31/8/23) Kondisinya sudah retak, Dimana retaknya terlihat disisi kanan dan sisi kiri .

    Report by Chandra, Samsoel dan Yance (31/8/23)

  • Kasat Lantas Polres Lhokseumawe Gelar Aksi “Wujudkan Keselamatan Transportasi Bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Gelar Rakor”
    *Kasat Lantas Polres Lhokseumawe Gelar Aksi “Wujudkan Keselamatan Transportasi Bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Gelar Rakor” Report by Chandra (31/8/23)

    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News –Kepala Kepolisian Resort Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto SiK yang diwakili Kasat Lantas Polres Lhokseumawe, AKP Yozana Fajri Sidik bersama personel menghadiri rapat koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Lhokseumawe di ruang parat Asisten II Setdako Lhokseumawe, Selasa (29/8/2023).

    Reporter Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh


    “Rapat koordinasi ini dipimpin Asisten 2 Sekda Kota Lhokseumawe,Tgk. Anwar dan diikuti oleh instansi terkait lainnya,” ungkap Kasat Lantas Polres Lhokseumawe

    Lanjut, Komandan Polisi Lalu Lintas Polres Lhokseumawe. Yozana kepada media ini menyebutkan rakor tersebut membahas tentang permasalahan lalu lintas di wilayah Kota Lhokseumawe. Selain itu, terkait marka jalan, rekayasa persimpangan, terminal bayangan, arus keluar masuk kendaraan dan beberapa masalah lainnya.

    Rapat koordinasi ini dipimpin Asisten 2 Sekda Kota Lhokseumawe,Tgk. Anwar dan diikuti oleh instansi terkait lainnya
    MINFOA (Media Info Aceh)

    Terakhir Kasat Lantas Polres Lhokseumawe ini dengan Tegas mengatakan “Tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan koordinasi dan kualitas dalam mewujudkan keselamatan transportasi di wilayah Kota Lhokseumawe,” Pungkas AKP Yozana Fajri Sidik

    Report By Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh 31/8/23

  • RASA KEADILAN YANG ADIL DAN BERMARTABAT TIDAK TERWUJUD DIGEUMPANG
    IRONISNYA PELAKU UTAMA KOORDINATOR PANITIA PENGUSAHA TAMBANG EMAS AMAT TONG TERKESAN KEBAL HUKUM

    Geumpang | Catur Prasetya News – Persoalan tambang ilegal di Aceh seperti lingkaran setan. Upeti liar bergulir miliaran rupiah setiap bulannya. Penegak hukum dan pemerintah seperti tidak berdaya. Masalah utama juga berkaitan dengan bisnis pendukung yang punya peranan sangat besar.

    Report by Chandra



    Kalau kita membaca putusan Hakim, akan ditemukan irahirah putusan yang berbunyi “Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.” Namun seringkali ditemukan fakta, bahwa kebanyakan Penindakan Penyedik Tidaklah Sepenuhnya dilakukan, Penindakan Kepastian Hukum berlaku bagi Orang Orang tertentu padahal Semua warga Negara Itu Didepan Hukum Sama, tanpa Perbedaan Semua Tindakan Penegakan Hukum Harus sama mendasarkan pada Undang-Undang atau aturan-aturan. Meski dalam pertimbangan disebutkan mempertimbangkan keadilan, kadang juga tidak begitu jelas keadilan macam apa yang dimaksud.

    Apakah ini salah? Secara teori itu tidak salah. Karena dalam konteks civil law, apalagi kita cenderung bermazhab positif, yang kemudian kuatkan lagi dengan ajaran-ajaran dari Hans Kelsen tentang teori of law yang memisahkan antara hukum dan moral, maka nilai hukum dan moral akan terpisah. Sehingga hukum bisa saja tidak berbasis pada berbasis pada nilai moral.

    TIM MEDIA INI mengungkapkan Sebuah Fakta Yang terjadi di Kecamatam Geumpang Kabupaten Pidie, berdasarkan pantuan Tim ini menyebutkan rentang panjang masalah bisnis tambang ilegal di Aceh, membutuhkan ketegasan aparat penegak hukum, muspida tingkat II, dan muspika tempatan.


    Persoalan tambang ilegal di Aceh seperti lingkaran setan. Upeti liar bergulir miliaran rupiah setiap bulannya. Penegak hukum dan pemerintah seperti tidak berdaya. Masalah utama juga berkaitan dengan bisnis pendukung yang punya peranan sangat besar.

    Penegakan Hukum yang Dilakukan Oleh Tim Kepolisian Daerah Aceh yang terkesan menindak hanya Satu Eksafator Pelaku Tambang Emas Ilegal dari sekian Puluh Eksafator Penambang Emas Ilegal Di Geumpang. Hal Ini sesungguhnya membuat Images Aparat Kepolisian dinilai Tidak Adil, bagaimana mungkin rentang panjang masalah bisnis tambang ilegal di Geumpang Kabupaten Pidie Aceh, membutuhkan ketegasan aparat penegak hukum, Tindakan. Hukum Harus Adil.

    Saat ini emas-emas Aceh di Geumpang dan kawasan lainnya di Aceh, ditambang secara ilegal. Pemodalnya dari luar, dibentengi oleh oknum penegak hukum. Pihak yang mendapatkan keuntungan besar tetaplah pemodal utama dan para centeng yang membekengi. Sedangkan rakyat sekitar tambang ilegal, hanya menjadi buruh kasar, yang bila bekerja dapat uang, tak bekerja tak ada uang. Di sisi lain, “tabungan” masalah lingkungan hidup, kelak akan dirasakan oleh penduduk.

    IRONISNYA PELAKU UTAMA KOORDINATOR PANITIA PENGUSAHA TAMBANG EMAS AMAT TONG TERKESAN KEBAL HUKUM

    Report by Chandra


    Residivis Tambang Ilegal Di Geumpang yang Dikenal Dengan Sebutan Panggilan Amat Tong alias M S merupakan Tokoh penting Mafia Penambang Emas Ilegal di Geumpang. Menurut Info Yang Diterima Bahwa dirinya Pernah Ditindak Oleh Penyidik Diskrimsus Polda Aceh, dan hingga saat ini 1 Eksafator Milik amat Tong masih Berada Markas Kepolisian Daerah Aceh.

    MS alias Amat Tong Terkesan Kebal Hukum, Dia merupakan Koordinator Dari 36 Eksafator Penambang Emas Tanpa Izin yang telah lama Beroperasi. dirinya juga sangat Populer di kalangan Pengusaha Galian Tambang emas ilegal.

    Belum lama ini Personel Unit IV Subdit TIPIDTER DITRESKRIMSUS POLDA ACEH Aceh yang dipimpin AKP Miftahuda Dizha Fezuono menghentikan aktivitas tambang ilegal atau _illegal mining_ di Alue Kumara Desa Pulo Lhoih, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Aksi Penindakan Kepolisian itu Rabu, 2 Agustus 2023.

    Sementara itu Otak Dari usaha pertambangan Emas Ilegal tersebut diberikan begitu saja. Muhammad Syamaun Alias Amat Tong sebenarnya Pelaku Yang memfasilitasi Aksi Ilegal Mining di Geumpang, padahal dirinya telah diperiksa dan 1 Unit Eksafator miliknya masih berada mapolda Aceh.

    pelaku Pengusaha Galian Emas Digeumpang, Tanpa Amat Tong Mereka Tidak bisa berkerja khususnya Amat Tong Penyuplai BBM BERSUBSIDI yang kuat dugaan Ilegal di Geumpang. apakah ini yang Dimaksud PRESISI (Prediktif Responbilty Transparan dan Berkeadilan) Mana Rasa Keadilan Yang Adil dan Beradab.

    SEMOGA Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Segera Melakukan Tindakan Hukum Yang Adil dan beradab. Amad Tong alias Muhammad Syamaun harus Di Tindak sesuai dengan Hukum yang berlaku.

    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 13/8/23

  • KIAN TERUKIR TRANFORMASI POLRES LANGSA YANG PRESISI TANGANI KELUHAN WARGA
    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 10/8/23

    LANGSA | Catur Prasetya News – Transformasi Kepolisian Resor Langsa Polda Aceh menuju PRESISI Prediktif Responbilty Transparan dan Berkeadilan Kian Dirasakan Oleh Rakyat Aceh, Khususnya Masyarakat di Desa Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa harus berhemat dalam menggunakan air bersih. Hal ini disebabkan, di Desa tersebut sangat sulit mendapatkan air atau sumber air bersih.

    Kapolres Langsa Terjunkan WATER CANON untuk mengatasi kesulitan air Bersih di Desa Kuala Langsa

    report by Chandra


    Seperti yang kita ketahui bahwa air bersih sangat lah penting untuk keberlangsungan kehidupan Manusia yang akan dimanfaat untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan lainnya. Namun untuk masyarakat Desa Kuala Langsa ini air bersih terbilang sulit didapatkan.

    Di Wilayah Desa itu, sebagian masyarakat harus membeli air bersih yang dipasok dari Desa Lengkong kecamatan Langsa Baro. Selain itu juga menampung air hujan untuk kebutuhan air bersih.

    Melihat Situasi tersebut membuat Polres Langsa turut prihatin dan menolong warga dengan menerjunkan mobil WATER CANON untuk membantu pemenuhan air bersih di Daerah Itu.

    Kemudian Kapolres Langsa AKBP, Muhammaddun melalui Kasat Samapta AKP, Dasril, SE., mengatakan,” bantuan air bersih ini merupakan kepedulian Polres Langsa terhadap masyarakat yang di daerahnya itu sebagian mengalami kekeringan, salah satunya Diwilayah Desa Kuala Langsa.


    Lanjutnya, dan Kapolres Langsa memerintahkan agar mobil Water Canon yang biasanya digunakan untuk menghalau dan mengamankan aksi Unjuk Rasa, diturunkan ke Desa itu untuk memberikan bantuan air bersih bagi warga,” Jelas AKP Dasril

    Dilokasi itu, salah satu Warga yang menerima bantuan Air bersih tersebut mengatakan, warga setempat sangat terkejut dengan kedatangan Personil Polri membawa Mobil Water Canon, yang biasa dipakai untuk menangani unjuk rasa.

    Ternyata kedatangan mobil Water Canon itu ditugaskan untuk menyuplai bantuan air bersih di Dusun Nya ia tinggal.

    “Kami sangat berterima kasih kepada pak Polisi Polres Langsa Atas Bantuannya, mudah mudahan kegiatan yang mulia ini terus dilaksanakan Di desa kami ini,” Ucap salah Satu warga tersebut. Rabu ( 09/08/2023 )

    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 10/8/23

  • Definisi hoax/hoaks menurut Lexico Oxford Dictionary
    Report by Chandra

    Definisi hoax/hoaks menurut Lexico Oxford Dictionary yaitu:

    A humorous or malicious deception.

    Sedangkan hoaks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai informasi bohong.

    Apakah Hoax Merupakan Tindak Pidana?

    Istilah hoax/hoaks tidak dikenal dalam peraturan perundang-undangan Indonesia. Tetapi ada beberapa peraturan yang mengatur mengenai berita hoax atau berita bohong ini.

    Berikut penjelasannya:

    Pertama, Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) melarang:

    Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

    Jika melanggar ketentuan di atas pelaku dapat dikenakan sanksi pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.[1]

    Jika dicermati lagi, UU ITE pasal di atas sebenarnya mengatur mengenai hoax (berita bohong) yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik. Bahkan melalui pedoman implementasi pasal-pasal UU ITE pun dijelaskan mengenai Pasal 28 ayat (1) UU ITE, yaitu sebagai berikut:[2]


    Delik pidana dalam pasal ini bukan merupakan pemidanaan terhadap perbuatan menyebarkan berita bohong (hoaks) secara umum, melainkan perbuatan menyebarkan berita bohohng dalam konteks transaksi elektronik seperti perdagangan daring;


    Berita atau informasi bohong dikirimkan atau diunggah melalui layanan aplikasi pesan, penyiaran daring, situs/media sosial, lokapasar (market place), iklan, dan/atau layanan transaksi lainnya melalui sistem elektronik;
    Pasal ini merupakan delik materiil, sehingga kerugian konsumen sebagai akibat berita bohong harus dihitung dan ditentukan nilainya;
    Definisi “konsumen” pada pasal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor
    8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.


    Lalu apa dasar hukum yang bisa menjerat penyebar berita bohong yang tidak mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik?

    Menurut hemat kami, berita bohong yang disebarkan melalui media elektronik (sosial media) yang bukan bertujuan untuk menyesatkan konsumen, dapat dipidana menurut UU ITE tergantung dari muatan konten yang disebarkan seperti:

    Jika berita bohong bermuatan kesusilaan maka dapat dijerat pidana berdasarkan Pasal 27 ayat (1) UU ITE;
    Jika bermuatan perjudian maka dapat dipidana berdasarkan Pasal 27 ayat (2) UU ITE;
    Jika bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dipidana berdasarkan Pasal 27 ayat (3) UU ITE;
    Jika bermuatan pemerasan dan/atau pengancaman dipidana berdasarkan Pasal 27 ayat (4) UU ITE;
    Jika bermuatan menimbulkan rasa kebencian berdasarkan SARA dipidana berdasarkan Pasal 28 ayat (2) UU ITE;


    Jika bermuatan ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi dipidana berdasarkan Pasal 29 UU ITE.
    Kedua, Pasal 390 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) juga mengatur hal yang serupa walaupun dengan rumusan yang sedikit berbeda yaitu digunakannya frasa “menyiarkan kabar bohong”. Pasal 390 KUHP berbunyi sebagai berikut:

    Barang siapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak menurunkan atau menaikkan harga barang dagangan, fonds atau surat berharga uang dengan menyiarkan kabar bohong, dihukum penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan

    Menurut R. Soesilo dalam bukunya Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal (hal. 269), terdakwa hanya dapat dihukum dengan Pasal 390 KUHP, apabila ternyata bahwa kabar yang disiarkan itu adalah kabar bohong. Yang dipandang sebagai kabar bohong, tidak saja memberitahukan suatu kabar yang kosong, akan tetapi juga menceritakan secara tidak betul tentang suatu kejadian.

    Ketiga, Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana (“UU 1/1946”) juga mengatur mengenai berita bohong yakni:

    Pasal 14

    Barangsiapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.
    Barangsiapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

    Pasal 15

    Barangsiapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga bahwa kabar demikian akan atau sudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi, tingginya dua tahun


    Jadi menjawab pertanyaan Anda, hoax atau menyebarkan berita bohong adalah sebuah tindak pidana. Ada beberapa aturan yang mengatur mengenai hal ini yaitu: UU ITE dan perubahannya, KUHP serta UU 1/1946. UU ITE bukanlah satu-satunya dasar hukum yang dapat dipakai untuk menjerat orang yang menyebarkan hoax atau berita bohong ini karena UU ITE hanya mengatur penyebaran berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik saja.


    Report By CHANDRA KORESPONDENSI BIDPENMAS POLDA ACEH, 9/8/23

  • ADA APA DENGAN PEMBERHENTIAN SEKDA KOTA SUBULUSSALAM OLEH WALIKOTA DIUJUNG MASA JABATAN MENJELANG PILKADA 2023

    *Report By Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 2/8/23*
    *WALIKOTA SUBUSSALAM TELAH LAMA BERENCANA MEMBERHENTIKAN SEKDA SUBULUSSALAM DAN OLEH WALIKOTA DIUJUNG MASA JABATAN MENJELANG PILKADA 2023*

    JAKARTA | Catur Prasetya News – Aparatur Sipil Negara atau disingkat (ASN) Dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 214 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada 2 Februari 2018, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah (tautan: Perpres Nomor 3 Tahun 2018).

    Berdasarkan Perpres ini, Penjabat Sekretaris Daerah diangkat untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah yang berhalangan melaksanakan tugas karena Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas dan atau terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.

    Menurut Perpres Nomor 3 Tahun 2018 disebutkan, Penjabat Sekretaris Daerah diangkat untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah yang berhalangan melaksanakan tugas karena: a. sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas; dan/atau b. terjadi kekosongan sekretaris daerah.

    WaliKota Subulussalam H. Affan Alfian


    DIAKHIR MASA JABATAN WALIKOTA SUBUSSALAM LAKUKAN MANUFER POLITIK UNTUK KEKUASAAN

    WaliKota Subulussalam H. Affan Alfian menjelang 11 Oktober 2023 berakhirnya Masa Jabatan Walikota Subussalam yang sebelumnya telah terlebih dahulu beredar Gosip Akan dimutasikan nya SEKDA DEFENITIF Ir. Taufit Hidayat, MM, dimutasikan  Menjadi Kepala Dinas Sosial Kota Subulussalam, Walikota Subussalam dengan bangganya melantik dua pejabat eselon II Yaitu Penjabat Pelaksana Tugas atau disingkat PLT. Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Subulussalam yang sudah lama direncanakan  Ketua DPD Partai Hanura Kota Subussalam. sosok yang kerap digosip Gosipkan adalah seorang Mantan Kadis Pendidikan Kota Subussalam yakni H. Sairun, S.Ag.M.Si dan, bertempat di aula serbaguna pendopo Wali Kota Subulussalam, selasa (25/7/2023).

    Delematisnya MUTASINYA SEKDA KOTA SUBUSSALAM Menimbulkan KESAN MANUFER POLITIK YANG TIDAK SEHAT bertentangan dengan Regulasi.

    Sekretaris daerah dinyatakan tidak bisa melaksanakan tugas, menurut Perpres ini, karena: a. mendapat penugasan yang berakibat sekretaris daerah tidak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya paling singkat 15 (lima belas) hari kerja dan kurang dari 6 (enam) bulan;  atau b. menjalankan cuti selain cuti di luar tanggungan Negara.

    Adapun kekosongan sekretaris daerah, menurut Perpres ini, terjadi karena sekretaris daerah: a. diberhentikan dari jabatannya; b. diberhentikan sementara sebagai pegawai negeri sipil; c. dinyatakan hilang; atau d. mengundurkan diri dari jabatan dan/atau sebagai pegawai negeri sipil.

    Mengundurkan diri sebagaimana dimaksud, termasuk pengunduran diri sekretaris daerah karena mencalonkan diri dalam pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah, bunyi Pasal 3 ayat (2) Perpres ini.


    Disebutkan dalam Perpres ini, kepala daerah menunjuk pelaksana harian apabila: a. sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas kurang dari 15 (lima belas) hari kerja; atau b. dalam proses penerbitan keputusan pemberhentian sekretaris daerah kurang dari 7 (tujuh) hari kerja dan/atau pengangkatan penjabat sekretaris daerah.

    Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat, menurut Perpres ini, mengangkat penjabat sekretaris daerah provinsi untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah provinsi setelah mendapat persetujuan menteri yang menyeleranggakan urusan pemerintahan dalam negeri.

    Sedangkan Bupati/Wali kota mengangkat penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah kabupaten/kota setelah mendapat persetujuan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

    Masa jabatan penjabat sekretaris daerah sebagaimana dimaksud paling lama 6 (enam) bulan dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas dan paling lama 3 (tiga) bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah, bunyi Pasal 5 ayat (3) Perpres ini.

    Penjabat sekretaris daerah yang diangkat karena sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, menurut Perpres ini, meneruskan jabatannya paling lama 3 (tiga) bulan berikutnya apabila terjadi kekosongan sekretaris daerah.

    Kriteria

    Dalam Perpres ini disebutkan, calon penjabat sekretaris daerah diangkat dari pegawai negeri sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan di antaranya: a. menduduki jabatan pemimpin tinggi pratama eselon II/a untuk penjabat sekretaris daerah provinsi atau menduduki jabatan pemimpin tinggi pratama eselon II/b untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota; b. memiliki pangkat paling rendah Pembina utama muda golongan IV/c untuk penjabat sekretaris daerah provinsi dan pangkat Pembina I golongan IV/b untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota; dan c. berusia paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum mencapai batas usia pensun.

    kuat dugaan Fit And Properties Patut diragukan, pasalnya rumor yang beredar Sairun adalah Disebut sebut mantan Seorang Narapidana. Walikota subussalam dalam merespon sempat mengirimkan Pesan Singkat delamatisnya Pesan Walikota yang akrab disapa Bintng Yang belum sempat Dibaca Telah dihapus, bahkan Ironisnya Pimpinan Pemko Subulussalam Melalui Bawahannya yaitu plt.Ka BKPSDM Rano Saraan👍🙏

    Menurut Perpres ini, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat mengusulkan 1 (satu) calon penjabat sekretaris daerah provinsi kepada menteri paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak sekretaris daerah provinsi tidak bisa melaksanakan tugas atau terjadinya kekosongan sekretaris daerah provinsi.

    Selanjutnya Menteri menyampaikan persetujuan atau penolakan calon penjabat sekretaris daerah provinsi yang diusulkan Gubernur, paling lambat 5 (lima) hari kerja terhitung sejak diterimanya surat dari Gubernur.

    Menteri dianggap memberikan persetujuan apabila dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud (5 hari kerja) tidak menyampaikan persetujuan atau penolakan, bunyi Pasal 7 ayat (4) Perpres ini.

    Sementara dalam hal Menteri menolak, gubernur menyampaikan usulan baru penjabat sekretaris daerah paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya surat penolakan Menteri.

    Ketentuan yang sama juga berlaku dalam pengajuan calon penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota kepada gubernur.

    Penjabat sekretaris daerah, menurut Perpres ini, dilantik oleh penjabat Pembina kepegawaian paling lama 5 (lima) hari kerja terhitung sejak keputusan pengangkatan penjabat sekretaris daerah ditetapkan.

    Dalam hal jangka waktu 3 (tiga) bulan terjadinya kekosongan sekretaris daerah terlampaui dan sekretaris daerah definitif belum ditetapkan, Perpres ini menyebutkan: a. menteri menunjuk penjabat sekretaris daerah provinsi yang memenuhi persyaratan; dan b. gubernur menunjuk penjabat sekretaris daerah kabupaten/kota yang memenuhi persyaratan.

    WALIKOTA SUBUSSALAM TELAH LAMA BERENCANA MEMBERHENTIKAN SEKDA SUBULUSSALAM DAN OLEH WALIKOTA DIUJUNG MASA JABATAN MENJELANG PILKADA 2023


    Ditegaskan, ketentuan dalam Peraturan Presiden ini juga berlaku untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Aceh, Provinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat,  sepanjang tidak diatur dalam peraturan undang-undang yang mengatur keistimewaan dan kekhususan daerah tersebut.

    Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, bunyi Pasal 14 Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 6 Februari 2018 itu.

    saat di Hubungi Walikota Subussalam Melalui WhatsApp, mempertanyakan Atas Informasi yang beredar bahwasanya Penetapan PLT Sekda mantan Kadis Pendidikan Tersebut kuat dugaan Fit And Properties Patut diragukan, pasalnya rumor yang beredar Sairun adalah Disebut sebut mantan Seorang Narapidana. Walikota subussalam dalam merespon sempat mengirimkan Pesan Singkat delamatisnya Pesan Walikota yang akrab disapa Bintng Yang belum sempat Dibaca Telah dihapus, bahkan Ironisnya Pimpinan Pemko Subulussalam Melalui Bawahannya yaitu plt.Ka BKPSDM Rano Saraan👍🙏 Mengirimkan Pesan singkat Media Sosial WA kepada Tim Media ini Sebagai Berikut “Assalamualaikum
    Izin menyampaikan konfirmasi atas komunikasi dengan Pimpinan terkait pelantikan Plt.Sekda.
    Kami sampaikan bahwa:
    Tidak ada pelantikan atas plt sekda,yg ada dilantik dan diambil sumpah adalah pejabat tinggi prtama eselon 2, tepatnya Kepala dinas sosial kota subulusalam yg diisi oleh ir taufit hidayat yg sudah diberhentikan dari jabatan sekda sesuai surat keputusan  gubernur aceh nomor peg. 821.22/175/2023 sedangkan untuk mengisi kekosongan Sekda Pak wali menunjuk Asisten 1 : H.Sairun sebagai Pelaksana Tugas (PLT) sekda..
    Demikian pak..tks.
    plt.Ka BKPSDM Rano Saraan👍🙏

    REPORT BY CHANDRA KORESPONDENSI BIDPENMAS POLDA ACEH, 2/8/23

    http://subulussalamkota.go.id/berita/kategori/berita-kota/wali-kota-subulussalam-lantik-dua-pejabat-eselon-ii-di-lingkungan-pemerintah-kota-subulussalam

  • Hari Bhayangkara, Kabidpropam Polda Aceh Dapat Kejutan dari Danpomdam IM
    Breaking CP-NEWS*
    *Hari Bhayangkara, Kabidpropam Polda Aceh Dapat Kejutan dari Danpomdam IM*Report by Chandra 3/7/23

    Banda Aceh | Catur Prasetya News – Markas Kepolisian Daerah Aceh, Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Aceh Komisaris Besar Polisi Eddwi Kurniyanto mendapat kejutan dari DANPOMDAM Iskandar Muda (IM) Kolonel Cpm Maryadi pada momen hari ulang tahun (HUT) ke-77 Hari lahirnya Institusi Polri yang Dikenal dengan istilah HUT Bhayangkara.

    Kejutan berupa kue ulang tahun itu diantar langsung Danpomdam IM ke Polda Aceh dan diterima Kabidpropam di ruang kerjanya, Senin, 3 Juli 2023.

    Dalam kesempatannya, Kombes Eddwi Kurniyanto mengucapkan terima kasih kepada Danpomdam IM beserta anggota yang telah ikut merayakan Hari Bhayangkara dengan mengantarnya kue ulang tahun sebagai kejutan.

    Editor Redaksi Media Catur Prasetya News


    “Terima kasih Danpomdam IM dan anggota. Kejutan ini tentunya sangat bermakna, apalagi pada momen Hari Bhayangkara,” ujar Eddwi, dalam rilisnya, Senin, 3 Juli 2023.

    Eddwi berharap, hal seperti bisa diikuti oleh seluruh jajaran Pomdam dan Propam dengan pelaksanaan timbal balik sebagai wujud sinergitas yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

    “Mudahan-mudahan apa yang dilakukan Danpomdam ini jadi motivasi dan contoh bagi jajaran untuk terus memupuk sinergitas TNI-Polri di Aceh. Semoga makin solid dan kerja sama yang baik ke depannya, apalagi secara tugas pokok Pomdam dan Propam hampir sama,” demikian, kata Eddwi.

    Report By BUSTAMAM & CHANDRA KORESPONDENSI BIDPENMAS POLDA ACEH,3/7/23

  • Polres Aceh Timur Gelar Apel Satkamling “Wujudkan Pam Swakarsa Mandiri”
    Polres Aceh Timur Gelar Apel Satkamling “Wujudkan Pam Swakarsa Mandiri” Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh 20/6/23

    IDI Rayeuk | Catur Prasetya News – Kepolisian Resor Aceh Timur Polda Aceh menggelar Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling). Ini untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.
    Apel digelar di Lapangan Apel Sarja Arya Racana pada, hari Rabu, (21/06/2023).

    Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat


    Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Satkamling dari tiap kecamatan dalam wilayah hukum Polres Aceh Timur.Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K yang memimpin apel tersebut dalam sambutannya membacakan amanat Kapolri menyebutkan ” Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif” Ungkap Kapolres Aceh Timur.

    Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.
    ‘’Keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya,’’ Sebut Andy.

    Disebutkan, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

    Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

    Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

    Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.
    .

    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Aceh Timur 21/6/23
    Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

    Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
    Diakhir amanatnya Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Awak Satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

    “Kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.
    Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan  yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat.” Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K.

    Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba itu. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya jika ditemui gangguan kamtibmas serta pencegahannya

    Jauh sebelum Sat Kamling dilaksanakan, Sat Binmas Polres Aceh Timur telah menggelar lomba Satkamling untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat sekaligus sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas.
    .

    Dari perlombaan tersebut ditetapkan para pemenang pada tingkat gampong dan Kapolres Aceh Timur
    Menyerahkan penghargaan pada masing masing pemenang, diantaranya Juara 1 Jatuh pada Pos Satkamling Desa Pertamina, Kecamatan Ranto Peureulak. Lalu Juara 2 Jatuh Kepada Pos Satkamling Desa Ulee Ateung, Kecamatan Julok.
    Selanjutnya Juara ke 3 jatuh pada Pos Satkamling Desa Meunasah Hagu, Kecamatan Nurussalam.

    Selanjutnya Juara Harapan 1 diraih Pos Satkamling Desa Keude Peureulak, Kecamatan Peureulak. lalu Juara Harapan 2 jatuh kepada  Pos Satkamling Desa Meunasah Tengoh, Kecamatan Pantee Bidari. selanjutnya Juara Harapan 3 dimenangkan  Pos Satkamling Desa Beusa Seubrang, Kecamatan Peureulak Barat.

    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Aceh Timur 21/6/23

  • Ditreskrimum Polda Aceh Berhasil Amankan Dua Terduga Pelaku TPPO
    Ditreskrimum Polda Aceh Berhasil Amankan Dua Terduga Pelaku TPPO. report by Chandra

    Banda Aceh | Catur Prasetya- Personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Aceh berhasil mengamankan dua terduga pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berinisial RW (20) dan RY alias PT (28). Keduanya diamankan di salah satu penginapan di Peunayong, Kota Banda Aceh, Kamis, 15 Juni 2023.

    “Benar, telah diamankan dua terduga pelaku TPPO di salah satu hotel di Banda Aceh,” kata Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Ade Harianto melalui Wadirkrimum AKBP Hairajadi, dalam keterangannya, Minggu, 18 Juni 2023.

    Hairajadi menjelaskan, peran kedua terduga pelaku dalam kasus tersebut berbeda-beda. RW bertugas mencari pelanggan melalui aplikasi Me Chat, sedangkan RY menyediakan atau mengkondisikan tempat.

    Report by Chandra

    “Kedua terduga pelaku punya peran masing-masi

    ng, dan yang menjadi pekerja seksnya—dengan cara dijual—adalah SW (26) dan FT (28). Keduanya berasal dari luar Banda Aceh,” jelasnya.

    Selain menangkap terduga pelaku, sambung Hairajadi, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa, handphone, alat kontrasepsi, dan uang tunai Rp1.550.000.

    “Kedua terduga pelaku akan dikenakan Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang,” demikian, kata Hairajadi.

    Report by Chandra & BUSTAMAM YANTJE KORESPONDENSI BIDPENMAS POLDA ACEH 18/6/23

  • MENJELANG HUT BHAYANGKARA KE 77 “Kapolda Aceh Tinjau Pelaksanaan Bakti Kesehatan Donor Darah”

    *MENJELANG HUT BHAYANGKARA KE 77 “Kapolda Aceh Tinjau Pelaksanaan Bakti Kesehatan Donor Darah” Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 16/6/23

    Banda Aceh | Catur Prasetya News – Dalam Rangka memperingati hari HUT Bhayangkara ke 77, Kepala Kepolisian Daerah Aceh Inspektur Jenderal Polisi Drs Ahmad Haydar meninjau langsung pelaksanaan kegiataan bakti kesehatan berupa donor darah di Gedung Presisi Polda Aceh, Kamis, 15 Juni 2023.

    Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto menyampaikan, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan oleh Biddokkes Polda Aceh bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

    Kegiatan itu juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara tahun 2023.


    “Alhamdulillah hari ini Polda Aceh melaksakan bakti kesehatan donor darah. Kegiatan tersebut juga ditinjau langsung oleh Kapolda,” kata Joko, dalam rilisnya, Kamis, 15 Juni 2023.

    Ia berharap, bakti kesehatan donor darah tersebut dapat bermanfaat dalam membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah.

    Report by Chandra, Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 16/6/23

  • Central Aceh Resort Police Creates Safe Homecoming Accepts Residents’ Motorbike Custody

    *Breaking CP-NEWS*
    Takengon | Catur Prasetya News – Kepolisian Resor Aceh Tengah membuka Posko penitipan sepeda motor bagi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

    Untuk menciptakan Mudik Aman Berkesan, Polres Aceh Tengah Dan Polsek Jajaran menerima Penitipan Kendaraan Motor Warga (Report by Chandra 19/4/23)

    Kepala Kepolisian Resor Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra,SIK,MH., melalui Kasi Humas Kompol Zain Hamid,S.Pd.I. mengatakan penitipan tersebut dapat dilakukan baik dimarkas Kepolisian Resor Aceh Tengah maupun di Polsek-Polsek.

    Dalam Siaran Pers Tersebut Kasubbag Humas Polres Aceh Tengah “Silakan bagi masyarakat yang ingin menitipkan kendaraannya di Polres maupun Polsek, kami siap menerima,” ucapnya, Kamis (19/04/23).

    Segenap Redaksi Media Catur Prasetya News Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H


    Komisaris Polisi Zain Hamid mengungkapkan karena saat ini pemerintah menggencarkan mudik bersama, tentunya ketika mudik kendaraan ditinggalkan di rumah dan itu berpotensi mengundang tindak kejahatan.

    “Untuk itu, kami dari Polri utamanya di Jajaran Polsek maupun Polres Aceh Tengah menerima penitipan kendaraan,” Pungkas Kasubbag Humas Polres Aceh Tengah.

    Adapun untuk persyaratan menitipkan kendaraan bermontor cukup mudah dengan syarat membawa fotokopi KTP, STNK, mengisi buku register penitipan, serta tidak dipungut biaya (gratis).

    Kebijakan Kapolres Aceh Tengah ini Merupakan Perwujudan Polisi Makin Meningkat Dramatis Dicintai Oleh Rakyat nya. Mari kita Dukung Transformasi POLRES ACEH TENGAH Yang PRESISI Prediktif Responbilty Transparan dan Berkeadilan

    Report by Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 20/4/22

    Silakan kunjungi Website Resmi Kami di https://caturprasetya-news.com
  • Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Generasi Penurus Pelajar Kaula Muda/Anak Muda Aceh
    Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Generasi Penurus Pelajar Kaula Muda/Anak Muda Aceh. Report by Chandra 14/4/23

    Lhokseumawe | Catur Prasetya News – Pohon bisa hidup tanpa bantuan manusia karena bisa mengolah makanannya sendiri sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Oleh sebab itulah tindakan penghijauan ini sangat penting bagi manusia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah aksi tanam seribu pohon oleh pelajar. Aksi tanam seribu pohon tersebut lebih sering dilakukan pada saat hari bumi. Untuk membuat bumi semakin hijau maka penanaman seribu pohon tersebut akan dilakukan mengingat bumi yang semakin tua dan semakin meningkatnya Aktifitas ILLEGAL LOGGING dan polusi udara maka penghijauan bumi tersebut harus selalu dilakukan.

    Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Pelajar Indonesia

    Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar diwacanakan Tim Redaksi Media Catur Prasetya News, Program Tersebut diwacanakan akan mendedikasikan Kecintaan Para Pelajar terhadap lingkungan hidup. Oleh Panitia Pelaksana TANAM Pohon Pelajar Pelajar tersebut turut didampingi oleh penggiat lingkungan yang mana melakukan penanaman di beberapa Titik.

    1. Titik pertama digelar di Sepanjang Jalan Protokol Kota Lhokseumawe.

    2. Titik Kedua Digelar di Area Pembangunan Mesjid Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat.

    3. Titik Ketiga digelar di Gampong Lubuk Pusaka Kec. Langkahan Kab Aceh Utara

    Cara penanamannya pun sama seperti dengan penanaman pohon seperti biasanya. Namun yang berbeda di sini adalah lokasinya. Lokasi penanaman seribu pohon ini biasanya dilakukan di area yang Berdasarkan Amatan Panitia Pelaksana Dampak Lingkungan ILEGAL LOGGING. AREA TITIK PELAKSANAAN dipandang Kondisinya mengalami dampak Aktivitas Penambangan Kayu secara Ilegal.

    Panitia Pelaksana  Sebelum melakukan penanaman, pihak sekolah dan Panitia Pelaksana akan berdiskusi dan mengurus berbagai macam izin untuk bisa melakukan penanaman seribu pohon tersebut terutama jika Titik lokasi yang akan ditanami memandang Sikon Keadaan Alam.. Namun ada juga yang menanam di pinggir laut, di sepanjang jalan atau di sekitar lingkungan sekolah.

    Apa Saja Manfaat

    Banyak sekali manfaat yang akan bisa manusia dapatkan dari penanaman seribu pohon ini misalnya saja adalah menjaga struktur tanah agar tidak terkena erosi terutama saat hujan datang, menghindari bencana alam terutama tanah longsor, menjaga udara tetap bersih sebab semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak oksigen yang akan dihasilkan, menjaga kelestarian fauna yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun beberapa tahun ke depan ketika pohon tersebut sudah tumbuh dengan besar.

    Pengaruh Untuk Lingkungan Hidup


    Selain manfaat, penanaman seribu pohon ini memiliki pengaruh terhadap bumi yang mana berhubungan langsung dengan manusia yang tinggal di dalamnya. Ketika banyak pohon ditanam, pengaruh nyatanya adalah menghindari efek dari global warming. Jangan menganggap sepele pemanasan global ini sebab jika bumi semakin panas maka es di kutub utara maupun selatan akan meleleh sehingga volume air di laut  semakin meningkat. Dengan menanam pohon bisa membuat gas karbondioksida tidak mencapai atmosfer bumi. Jika sampai ke atmosfer bumi bisa membuat panas terperangkap di atmosfer dan membuat suhu di permukaan bumi menjadi meningkat.

    Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar memang sebaiknya terus dicanangkan dan digalakkan, agar bumi bisa kembali hijau dan manfaatnya bisa dirasakan oleh manusia di masa depan.


    Laporan
    Pimpinan Redaksi Media Catur Prasetya News
    Guslian Ade Chandra
    Lhokseumawe, 14 April 2023

  • Polres Aceh Tengah Terkait Pengelolaan Keuangan Dapat Apresiasi Kemenkeu RI
    Central Aceh Police Regarding Financial Management Receives Appreciation from the Indonesian Ministry of Finance. Report from Chandra Cold City, Central Aceh District, 25/2/23

    Jakarta | Catur Prasetya News – sebuah Kebanggaan Bagi Kepolisian Daerah Aceh terhadap Kinerja pengelolaan keuangan negara oleh Polres Aceh Tengah layak dicontoh satuan kerja lainnya. Hal ini menjadi apresiasi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPN) yang bermarkas diGedung Prijadi Praptosuhardjo I Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4, Jakarta Pusat 10710.

    sebagaimana yang diketahui dalam Penyampaian Data dan Penghargaan atas Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) TA 2022 Lingkup Kepolisian Negara RI Laporan tersebut disampaikan kepada Kepala Pusat Keuangan POLRI.

    Report by Chandra


    Polda Aceh Meraih Peringkat kedua Tingkat Wilayah/Polda dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022 se indonesia dan Kepolisian Resor Aceh Tengah Meraih Peringkat Pertama pada Tingkat Satuan Kerja Kategori Pagu Sedang (satker dengan Pagu Rp25 Miliar sampai dengan Rp75 Miliar) dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022:

    hal Sebagaimana disampaikan melalui Aplikasi OM-SPAN telah dilakukan penilaian capaian IKPA periode Tahun Anggaran 2022 untuk Polda/Wilayah dan satuan kerja lingkup Polri.

    Kementerian Keuangan Republik Indonesia berdasarkan Surat yang ditandatangani Direktur Direktorat Jenderal Perbendaharaan Direktur Pelaksanaan Anggaran Tri Budhianto, hal ini tertuang dalam Surat KEMENKEU DJPN Surat Nomor : S-7/PB/PB.2/2023 Prihal Penyampaian Data dan Penghargaan atas Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan
    Anggaran (IKPA) TA 2022 Lingkup Kepolisian Negara RI Tanggal 20 Februari 2023

    Polres Aceh Tengah Terkait Pengelolaan Keuangan Dapat Apresiasi Kemenkeu RI


    Direktur DJPN, Tri Budhianto dalam surat nya Menyebutkan Bahwa Dalam rangka memberikan apresiasi, khususnya kepada petugas pengelola keuangan pada satker tersebut
    Salah satunya Piagam Penghargaan kepada 3 (tiga) Polda dengan predikat capaian IKPA terbaik periode Tahun Anggaran 2022 di tingkat wilayah, Polda Aceh meraih Peringkat Kedua dengan nilai IKPA 97, 48

    Merupakan sebuah kebanggaan Masyarakat Aceh khususnya Kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar yang telah membuktikan Dalam Manajemen Tata Kelola Yang Profesional, Faktanya Kepolisian Resor Aceh Tengah pun Turut mengharumkan Institusi Polri Masyarakat di Tanoh Gayo. Realitanya Polres Aceh Tengah termasuk Polres Terbaik Seluruh Indonesia hal ini disebabkan Polres Aceh Tengah meraih Peringkat Kedua dengan nilai IKPA 100 katagori Piagam Penghargaan Tingkat Satuan Kerja Kategori Pagu Sedang (satker dengan Pagu Rp25 Miliar sampai dengan Rp75 Miliar) dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022:

    Polres Aceh Tengah Terkait Pengelolaan Keuangan Dapat Apresiasi Kemenkeu RI
    Report by Chandra
    Polres Aceh Tengah Terkait Pengelolaan Keuangan Dapat Apresiasi Kemenkeu RI


    Terakhir Direktur DJPN, Tri Budhianto berharap Semoga pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan semangat dan kinerja dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan serta peningkatan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada satuan kerja lingkup Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Direktur DJPN, juga mengapresiasi kinerja Polres Aceh Tengah dalam mengelola keuangan negara. “Kami mengucapkan selamat dan bangga kepada Polda Aceh dan Polres Aceh Tengah yang telah berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2022,” sebut Tri Budhianto dalam suratnya

    Sementara itu, Kapolres Aceh Tengah AKBP Nurochman Nulhakim, S.I.K Melalui Kasi Humas Polres Aceh Tengah AKP. Zen Hasibuan mengatakan, penghargaan itu merupakan suatu kehormatan bagi bapak kapolres dan jajaran di Aceh Tengah.

    “Tidak gampang evaluasi penilaiannya, karena kalau di bidang pengelolaan keuangan tidak mudah, sangat berhati-hati, transparan, akuntabel, apalagi menyangkut uang negara,” kata kapolres Aceh Tengah Kepada Kasi humas Polres Aceh Tengah.

    Dengan adanya penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, khususnya dalam mengelola keuangan negara di Polres Aceh Tengah.

    Report by Chandra
    Voice Over Lulu
    Korespondensi Kasi Humas Polres Aceh Tengah,
    Takengon 25 Februari 2023

  • KUNJUNGI PASAR BATUPHAT TIMUR, PRESIDEN SAPA WARGA ACEH HINGGA BERI SEPEDA

    Lhokseumawe| Catur Prasetya News – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara mendadak mengunjungi Pasar Tradisional Batuphat Timur, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe. Kedatangan Presiden mengejutkan para pedagang dan warga yang memadati pasar. Sejumlah pedagang dan warga terlihat berbincang langsung dengan Presiden.

    Report by Chandra 11/2/23

    Dalam kunjungan ini, Presiden memberikan langsung sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang dan masyarakat setempat. Presiden Joko Widodo didampingi Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Imran dan mendapat pengawalan ketat dari petugas kesamanan gabungan dan Paspampres.

    Afrizal mengaku senang bisa mendapatkan sepeda dari Presiden, dirinya mengatakan bahwa sepeda tersebut akan digunakan untuk berolahraga.

    Report By Chandra 11/2/23

    Presiden Joko Widodo menyapa para pedagang pasar dan masyarakat yang berada di Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh pada Jumat pagi, 10 Februari 2023

    Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pasar Batuphat Timur, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh pada Jumat pagi, 10 Februari 2023, disambut antusias oleh masyarakat, mulai dari pedagang hingga anak-anak.

    “Pak Jokowi, Pak Jokowi,” sorak sejumlah anak-anak yang membawa bendera merah putih ditangannya.

    Mendengar panggilan tersebut, kemudian Presiden menghampiri mereka. Al Qusyairi, siswa kelas 5 sekolah dasar yang dihampiri Presiden, mengaku senang bisa meminta tandatangan dan mendapatkan buku dari Presiden Jokowi. “Senang, (dapat) buku,” ujarnya.

    Selain itu, saat mengecek harga-harga kebutuhan pokok, terdapat seorang pemuda bernama Afrizal Poan yang meminta sepeda kepada Presiden. Dirinya mengaku telah memanggil Presiden sejak ketibaan di jalan depan pasar.

    “Dari pinggir jalan tadi bang sudah teriak mau sepeda, mau sepeda,” kata Afrizal.

    Merespons hal tersebut, kemudian Presiden Jokowi memberikan pertanyaan terlebih dahulu kepada Afrizal. “Sebutkan nama-nama ikan (kata Presiden),” cerita Afrizal.

    Afrizal mengaku senang bisa mendapatkan sepeda dari Presiden, dirinya mengatakan bahwa sepeda tersebut akan digunakan untuk berolahraga.
    “Buat olahraga lah bang jalan-jalan, santai kan,” ucapnya.

    *Jokowi Hadir Ke Aceh Meresmikan Pabrik Pupuk NPK di PIM, Malah Singgah Dulu ke Pasar Batuphat Lhokseumawe Menyapa Pedagang*

    Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh untuk meresmikan pabrik pupuk NPK PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM). Dikabarkan pabrik NPK yang diresmikan jokowi tersebut adalah yang terbesar di Sumatera.

    Report By Chandra 6/2/23

    Lepas landas dari Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, Jum’at (10/2/23), sekitar pukul 07.35 WIB, dan mendarat di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, pukul 08.17 WIB, Jokowi tak langsung menuju ke PT. PIM.

    Orang nomor satu di Indonesia tersebut malah singggah terlebih dahulu di pasar Batu Phat, salah satu pasar rakyat di kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe menyapa pedagang dan masyarakat di pasar tersebut, membagikan baju dan bantuan sosial.

    Kunjungan Jokowi ke pasar Batuphat didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Pangdam I/Iskandar Muda Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar, serta Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Imran.

    Report By Chandra 6/2/23
    Report By Chandra 11/2/23
    KUNJUNGI PASAR BATUPHAT TIMUR, PRESIDEN SAPA WARGA ACEH HINGGA BERI SEPEDA

    Situs resmi kepresiden menyebutkan usai melakukan kunjungan ke pasar, Presiden langsung menuju PT. PIM di Aceh Utara untuk meresmikan pabrik NPK dan menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) 2023 serta meluncurkan kartu tani digital untuk pupuk bersubsidi.

    Agenda lain presiden dalam kunjungan ke Aceh, juga pertemuan dengan para milenial di Gedung Pertemuan PT.PIM. berlanjut dengan shalat di Mesjid Al-Muntaha di Kompleks PT PIM.

    Sore nanti, Presiden akan kembali menuju Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara melalui Bandara Malikussal

    Report By Chandra
    Lhokseumawe 10/2/23

  • PJ WALIKOTA LHOKSEUMAWE PAPARKAN INFO KEMAJUAN KINERJA SEKALIGUS MEMPERKUAT SILATURAHMI UNTUK KESIKIAN KALI BERTATAP MUKA DENGAN INSAN JURNALIS NASIONAL DAN LOKAL
    PJ WALIKOTA LHOKSEUMAWE UNTUK KESIKIAN KALI BERTATAP MUKA DENGAN INSAN JURNALIS NASIONAL DAN LOKAL Report by Chandra 18/10/22
    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News - Pejabat Walikota Lhokseumawe Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang didampingi oleh dr. Said Alam Zulfikar Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, untuk ke tiga kalinya mengundang insan pers untuk menyampaikan pencapaian yg Telah Dikerjakan dan beberapa informasi tentang Penertiban yang dilaksanakan salah satu nya Penertiban Kendaraan Transportasi Roda 4 milik Pemko, serta Turut pula memaparkan perencanaan kebijakan terus dilakukan, acara yang digelar lantai tiga tepatnya di Aula Pemko Kota Lhokseumawe, sekiranya pukul 13.00 WIB,Selasa,(18/10/2022).

    Didepan puluhan insan pers, Imran memaparkan; Bahwa Sejak hari pelantikanya 14/07/2022. Dan saat Apel Gabungan pertama 17/07/2022, hingga hari Berita ini Diturunkan, Pj Walikota yang telah memasuki 100+1 meski Imran menegaskan didedepan Wartawan “Tidak Ada Hari Ke 100 istilah kami di kementerian dalam negeri, semua hari hari yang berjalan harus Se Optimal mungkin. Jadi bagi kami semua hari sama halnya hari ke seratus” ujar Putra asli Kelahiran kota Lhokseumawe

    Fakta dan Realita saat Sinergitas Personel Pejabat sudah sangat Alot dan Perlu diketahui akhirnya kota Lhokseumawe bebas defesit APBK Pemko
    Lhokseumawe, saat ini sangat stabil dan Kepercayaan Timbul dari Pemerintah Pusat. Jelas Pj Walikota Lhokseumawe Patut pencapaian yg luar biasa adalah mampu mengurangi laju inflasi,sehingga Pemerintah Pusat memberi Bantuan Dana DID sebesar 19.4 M. Ini merupakan terbesar di Provinsi Aceh dan nomer 3 se Indonesia. Penghargaan dinas penanaman modal dan terpadu terbaik peringkat 6 Indonesia.

    Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd juga menyampaikan beberapa informasi capaian pemerintah kota Lhokseumawe seperti; Berhasil dalam Penanggulangan penyakit PMK Sapi ternak Masyarakat,hingga 0%. Sehingga Sapi Sapi Masyarakat bisa terjual ke Kota,Kabupaten dan Provinsi lain dengan bebas.

    Lebih lanjut Penjabat Walikota Lhokseumawe juga menyatakan secara terbuka wacananya; Terkait rencana kedepan ada 2 Prioritas utama yang di harapkan bisa tercapai,yaitu Pembangunan air bersih layak minum,dimana PDAM Kota Lhokseumawe,telah bekerja sama dengan salah satu Perusahaan yang nantinya akan membangun 70.000 titik air minum langsung untuk Masyarakat Kota Lhokseumawe. ” Untuk pertama kalinya warga masyarakat kota Lhokseumawe menikmati Air Mineral dari Kran air dirumah ” Sebut Imran

    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News – Pejabat Walikota Lhokseumawe Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang didampingi oleh dr. Said Alam Zulfikar Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, untuk ke tiga kalinya mengundang insan pers untuk menyampaikan pencapaian yg Telah Dikerjakan

    Keinginan Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang Kedua adalah ” Untuk Pertama Kalinya Program Pembangunan RSUD milik Pemko Lhokseumawe sendir, yang tentunya diharapkan nanti kedepan dapat membantu masyarakat yg memerlukan penanganan dan pertolongan Pertama, Karena berdasarkan informasi yang diterima Pj walikota Lhokseumawe Banyak Mengalami Insiden akibat Faktor perjalanan Rawat Jalan Ke Rumah Sakit Yang memadai, disamping tenaga Medis Dokter Ahli sudah memadai di Atas 70 Org Lebih Tenaga Dr Ahli penyakit yang dimilik. Kedepan Warga Masyarakat Tidak lagi khawatir akan RAWAT JALAN melainkan medis segera,tanpa harus merujuk ke Rumah Sakit lain.” Pungkas Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd

    Pengembalian Penguatan-penguatan Upaya peningkatan Tumbuh Ekonomi masyarakat Pj Walikota Lhokseumawe mengharapkan Semua pihak Tahun 2023 Lhokseumawe bisa Inflasi 0% agar Tahun 2024 bisa bertranformasi ke rencana rencana terpadu dan terencana serta terukur ada Roadmap yg jelas.

    Terkait pertanyaan rekan media tentang Lapangan kerja dan Pemajuan UMKM, PJ Walikota menyampaikan; Pemko Lhoseumawe Mengundang investor untuk melakukan usaha di kota Lhokseumawe, dengan Pemudahan pengurusan perizinan.

    Menyangkut UMKM, beliau akan memberdayakan produk lokal menjadi Prioritas utama untuk penggunaan di lingkungan Pemko dan Mendorong para ASN untuk membiasakan diri mengunakan hasil dari Produk UMKM,dan ini sudah di intruksikan khususnya di Kantor Walikota Lhokseumawe,beliau sangat terinspirasi dengan Kabupaten Kulon Progo di Yokyakarta dan termotivasi untuk melakukan hal yang sama di Kota Lhokseumawe,Ungkapnya dengan semangat.

    Pj Walikota Lhokseumawe saat turut mendampingi Mendagri di Bali Belum Lama ini. (Chandra)

    Di akhir pertemuan Imran menyampaikan terimakasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung dan menyampaikan informasi yang benar,akurat dan bertanggung jawab ke Masyarakat.

    Voice Over Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Kabag Humas PEMKO LHOKSEUMAWE, 19/10/22

  • PJ WALIKOTA LHOKSEUMAWE PAPARKAN INFO KEMAJUAN KINERJA SEKALIGUS MEMPERKUAT SILATURAHMI UNTUK KESIKIAN KALI BERTATAP MUKA DENGAN INSAN JURNALIS NASIONAL DAN LOKAL
    PJ WALIKOTA LHOKSEUMAWE UNTUK KESIKIAN KALI BERTATAP MUKA DENGAN INSAN JURNALIS NASIONAL DAN LOKAL Report by Chandra 18/10/22
    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News - Pejabat Walikota Lhokseumawe Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang didampingi oleh dr. Said Alam Zulfikar Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, untuk ke tiga kalinya mengundang insan pers untuk menyampaikan pencapaian yg Telah Dikerjakan dan beberapa informasi tentang Penertiban yang dilaksanakan salah satu nya Penertiban Kendaraan Transportasi Roda 4 milik Pemko, serta Turut pula memaparkan perencanaan kebijakan terus dilakukan, acara yang digelar lantai tiga tepatnya di Aula Pemko Kota Lhokseumawe, sekiranya pukul 13.00 WIB,Selasa,(18/10/2022).

    Didepan puluhan insan pers, Imran memaparkan; Bahwa Sejak hari pelantikanya 14/07/2022. Dan saat Apel Gabungan pertama 17/07/2022, hingga hari Berita ini Diturunkan, Pj Walikota yang telah memasuki 100+1 meski Imran menegaskan didedepan Wartawan “Tidak Ada Hari Ke 100 istilah kami di kementerian dalam negeri, semua hari hari yang berjalan harus Se Optimal mungkin. Jadi bagi kami semua hari sama halnya hari ke seratus” ujar Putra asli Kelahiran kota Lhokseumawe

    Fakta dan Realita saat Sinergitas Personel Pejabat sudah sangat Alot dan Perlu diketahui akhirnya kota Lhokseumawe bebas defesit APBK Pemko
    Lhokseumawe, saat ini sangat stabil dan Kepercayaan Timbul dari Pemerintah Pusat. Jelas Pj Walikota Lhokseumawe Patut pencapaian yg luar biasa adalah mampu mengurangi laju inflasi,sehingga Pemerintah Pusat memberi Bantuan Dana DID sebesar 19.4 M. Ini merupakan terbesar di Provinsi Aceh dan nomer 3 se Indonesia. Penghargaan dinas penanaman modal dan terpadu terbaik peringkat 6 Indonesia.

    Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd juga menyampaikan beberapa informasi capaian pemerintah kota Lhokseumawe seperti; Berhasil dalam Penanggulangan penyakit PMK Sapi ternak Masyarakat,hingga 0%. Sehingga Sapi Sapi Masyarakat bisa terjual ke Kota,Kabupaten dan Provinsi lain dengan bebas.

    Lebih lanjut Penjabat Walikota Lhokseumawe juga menyatakan secara terbuka wacananya; Terkait rencana kedepan ada 2 Prioritas utama yang di harapkan bisa tercapai,yaitu Pembangunan air bersih layak minum,dimana PDAM Kota Lhokseumawe,telah bekerja sama dengan salah satu Perusahaan yang nantinya akan membangun 70.000 titik air minum langsung untuk Masyarakat Kota Lhokseumawe. ” Untuk pertama kalinya warga masyarakat kota Lhokseumawe menikmati Air Mineral dari Kran air dirumah ” Sebut Imran

    LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News – Pejabat Walikota Lhokseumawe Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang didampingi oleh dr. Said Alam Zulfikar Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, untuk ke tiga kalinya mengundang insan pers untuk menyampaikan pencapaian yg Telah Dikerjakan

    Keinginan Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd yang Kedua adalah ” Untuk Pertama Kalinya Program Pembangunan RSUD milik Pemko Lhokseumawe sendir, yang tentunya diharapkan nanti kedepan dapat membantu masyarakat yg memerlukan penanganan dan pertolongan Pertama, Karena berdasarkan informasi yang diterima Pj walikota Lhokseumawe Banyak Mengalami Insiden akibat Faktor perjalanan Rawat Jalan Ke Rumah Sakit Yang memadai, disamping tenaga Medis Dokter Ahli sudah memadai di Atas 70 Org Lebih Tenaga Dr Ahli penyakit yang dimilik. Kedepan Warga Masyarakat Tidak lagi khawatir akan RAWAT JALAN melainkan medis segera,tanpa harus merujuk ke Rumah Sakit lain.” Pungkas Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd

    Pengembalian Penguatan-penguatan Upaya peningkatan Tumbuh Ekonomi masyarakat Pj Walikota Lhokseumawe mengharapkan Semua pihak Tahun 2023 Lhokseumawe bisa Inflasi 0% agar Tahun 2024 bisa bertranformasi ke rencana rencana terpadu dan terencana serta terukur ada Roadmap yg jelas.

    Terkait pertanyaan rekan media tentang Lapangan kerja dan Pemajuan UMKM, PJ Walikota menyampaikan; Pemko Lhoseumawe Mengundang investor untuk melakukan usaha di kota Lhokseumawe, dengan Pemudahan pengurusan perizinan.

    Menyangkut UMKM, beliau akan memberdayakan produk lokal menjadi Prioritas utama untuk penggunaan di lingkungan Pemko dan Mendorong para ASN untuk membiasakan diri mengunakan hasil dari Produk UMKM,dan ini sudah di intruksikan khususnya di Kantor Walikota Lhokseumawe,beliau sangat terinspirasi dengan Kabupaten Kulon Progo di Yokyakarta dan termotivasi untuk melakukan hal yang sama di Kota Lhokseumawe,Ungkapnya dengan semangat.

    Pj Walikota Lhokseumawe saat turut mendampingi Mendagri di Bali Belum Lama ini. (Chandra)

    Di akhir pertemuan Imran menyampaikan terimakasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung dan menyampaikan informasi yang benar,akurat dan bertanggung jawab ke Masyarakat.

    Voice Over Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Kabag Humas PEMKO LHOKSEUMAWE, 19/10/22

  • Nazwa (Tyon Paloh) DEWAN Redaksi CP-NEWS
    Dewan Redaksi Media Catur Prasetya News
  • 4 Kapolres Polda Aceh Dimutasikan untuk dapat Menyesuaikan dan Meningkatkan Kinerjanya
    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh Banda Aceh 10/2/22

    Banda Aceh| Catur Prasetya News – Markas Komando Kepolisian Daerah Aceh yang Sedang BERTRANSFORMASI menuju PRESISI, kamis Pagi (10/2/22) sebanyak Empat Pejabat Kepala Kepolisian Resor dalam jajaran Polda Aceh diganti yang ditandai oleh upacara sertijab.

    Acara Mutasi Pejabat Polri tersebut dipimpin langsung Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, yang berlangsung di Lobi Utama, Mapolda Aceh.

    Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam keterangannya mengatakan upacara sertijab itu diawali penghormatan kepada Inspektur upacara, laporan perwira yang ditunjuk, pembacaan keputusan Kapolri, pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara sertijab, pembacaan do’a dan diakhiri dengan laporan perwira yang ditunjuk serta seusai upacara dilanjutkan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang sertijab atas jabatan barunya.

    Winardy juga Menyebutkan, ke empat Kapolres yang diganti dalam upacara sertijab hari ini, masing-masing Kapolres Aceh Besar, Kapolres Gayo Lues, Kapolres Aceh Jaya dan Kapolres Subulussalam.

    Kapolres Aceh Besar yang selama ini dijabat AKBP Riki Kurniawan, S. I. K., M. H, dan akan menduduki posisi baru sebagai Wadir Resnarkoba Polda Aceh diganti oleh AKBP Carlie Syahputra Bustamam, S. I. K., M. H, yang sebelumnya menjabat Kapolres Gayo Lues.

    Selanjutnya Kapolres Gayo Lues diisi oleh AKBP Efrianza, S. I. K. yang sebelumnya bertugas di Polda Aceh, sebut Kabid Humas.

    4 Kapolres Polda Aceh Dimutasikan untuk dapat Menyesuaikan dan Meningkatkan Kinerjanya.Report By Chandra 10/2/22


    Selanjutnya jabatan Kapolres Aceh Jaya yang di Jabat AKBP Harlan Amir, S. E., M. M, yang mendapat tugas baru dengan jabatan Kabagrenprogar Biro Rena Polda Aceh diserahkan kepada AKBP Yudi Wiyono, S. I. K, yang sebelumnya menjabat Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Gorontalo, tutur Kabid Humas.

    Berikutnya jabatan Kapolres Subulussalam yang selama ini dijabat AKBP Qori Wucaksono, S. I. K, yang akan bertugas sebagai Kapolres Kapuas Polda Kalteng digantikan oleh AKBP Muhamnad Yanis, S. I. K., M. H, yang sebelumnya menjabat Kasubdit 2 Intelkam Polda Aceh, sebut Kabid Humas.

    Kabid Humas dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat bertugas ditempat yang yang baru bagi pejabat yang sertijab dan dapat meningkatkan kinerjanya.

    “Kepada Kapolres yang baru dilantik Kapolda Aceh berharap agar terus menyesuaikan diri dengan tugas yang baru diemban sekaligus dapat menggenjot vaksinasi di wilayahnya masing-masing dalam rangka mencapai target nasional, ” sebut Kabid Humas.

    Upacara sertijab empat Kapolres tersebut turut dihadiri Irwasda Polda Aceh Kombes Pol. Kalingga Rendra Raharja, S. E., S. H, sejumlah PJU dan Kapolres dalam jajaran Polda Aceh, pungkas Kabid Humas.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Banda Aceh, 10/2/22

  • MENGUNGKAP Misteri dan Tabir Gelap Ilegal loging di Aceh Timur

    Meski kita tahu Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Kapolres Aceh Timur menghadiri kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia Tahun 2021 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 21 November 2021 lalu.

    MENGUNGKAP Misteri dan Tabir Gelap Ilegal loging di Aceh Timur

  • Untuk Kesekian kalinya Kapolda Aceh Apresiasi nilai Sejumlah Tugas Humanis Kapolres Lhokseumawe

    Sejumlah Tugas Humanis Kapolres Lhokseumawe Hari Ini, Ini Penjelasannya

    Lhokseumawe |Catur Prasetya News KAPOLDA Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, hari ini, Kamis (3/2/22) menerima laporan bahwa Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S. I. K, M. H, melakukan sejumlah tugas humanis di wilayah kerjanya dengan membantu warga yang kurang mampu dan yang sedang sakit.

    Report Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Banda Aceh 3/1/22

    Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam siaran persnya, menyebutkan sejumlah tugas humanis yang dilakukan Kapolres Lhokseumawe bersama jajarannya, yang pertama, membantu rehab rumah warga miskin, Yusmawati (45) yang tinggal di rumahnya di Gampong Ulee Jalan, Dusun Bahagia, dengan kondisi rumahnya memprihatinkan berkonstruksi kayu, sebagian dinding sudah lapuk dan atapnya sebagian sudah rusak.

    Kemudian, tugas Kapolres Lhokseumawe yang humanis, sebut Kabid Humas, yaitu melalui program ” jemput kue surga” mengirimkan bantuan melalui utusan personel Polri di jajarannya, untuk membantu bocah Muhammad Syarazi berumur 12 bulan yang menderita bocor jantung dan penyakit sesak, yang berdomisili di Gampong Cit Gaboh Kecamatan Sawang, Aceh Utara (wilayah hukum Polres Lhokseumawe).

    Berikutnya, Kapolres Lhokseumawe pada hari ini juga mengunjungi rumah Hayatul Wardhani (36) warga Gampong Blang Peuria, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, yang menderita sakit menahun, kemudian Kapolres menyerahkan bantuan, ucap Kabid Humas.

    Tak hanya itu, Kapolres Lhokseumawe turut mengirimkan bantuan untuk bocah yang menderita penyakit kulit asal Gampong Tanjong Pineung, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Bocah itu adalah Muhammad Haikal (4) saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Cut Meutia, Buket Rata,Lhokseumawe, tutur Kabid Humas lagi.

    ” Terkait yang dilakukan Kapolres Lhokseumawe,sangat menarik simpati kita semua termasuk Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, dan apa yang dilakukan ini sungguh mulia dan dapat menaruh simpati masyarakat terhadap Polri, ” tutup Kabid Humas.


    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Lhokseumawe, 3/2/22

  • Kapolda Aceh Vicon Dengan Wakapolri Bahas Perkembangan Covid-19 Nasional.
    Editorial Guslian Ade Chandra (18/1)

    Kapolda Aceh Vicon Dengan Wakapolri Bahas Perkembangan Covid-19 Nasional.

    Banda Aceh|Catur Prasetya News Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H, M. M, mengikuti vicon yang dipimpin Wakapolri dari Mabes Polri Jakarta, Selasa (18/1/22) dan membahas terkait perkembangan Covid-19 secara nasional. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy., S. H., S. I.K.,M. Si, dalam keterangannya menyebutkan, vicon yang digelar itu diantaranya membahas tren penambahan kasus harian terus meningkat pasca libur Nataru.

    ” Penambahan kasus minggu ini terjadi 600 sampai dengan 1000 kasus perhari, artinya meningkat 2 kali lipat dibanding tren minggu lalu dengan jumlah kasus 300 sampai dengan 500 kasus perhari, ” sebut Kabid Humas

    editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh Banda Aceh 18/1/22
    Jakarta, Selasa (18/1/22) dan membahas terkait perkembangan Covid-19 secara nasional. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy., S. H., S. I.K.,M. Si, dalam keterangannya menyebutkan, vicon yang digelar itu diantaranya membahas tren penambahan kasus harian terus meningkat pasca libur Nataru.

    ” Kemudian kasus aktif pada senin (17/1/22) adalah sebanyak 8.775 kasus meningkat 39 % dibandingkan pada Minggu sebelumnya sebanyak 6.311 kasus,” jelas Kabid Humas.

    Untuk itu, Wakapolri mengimbau dalam Vicon tersebut agar perlu memperketat pengawasan prokes dan terus meningkatkan kecepatan vaksinasi guna menekan laju penyebaran Covid-19, tutur Kabid Humas lagi.

    Kapolda Aceh mengikuti Vicon itu di Ruang Vicon Lantai 2 Mapolda Aceh dan turut didampingi Wakapolda Aceh Brigjen Pol.Dr.Drs. Agus Kurniady Sutisna, M.M.,M.H, dan sejumlah PJU serta Pamen Polda Aceh lainnya, tutup Kabid Humas.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Banda Aceh 18/1/22

    tren penambahan kasus harian terus meningkat pasca libur Nataru. By Report Chandra
  • PUTRI KAPOLRES ACEH TENGAH “Alana” Orang Pertama Divaksin tingkat Anak anak

    PUTRI KAPOLRES ACEH TENGAH “Alana” Orang Pertama Divaksin tingkat Anak anak

    Kapolres Aceh tengah AKBP Nurrochman Nulhakim, S.IK Diacara Launching Covid 19 khusus Vaksinasi anak Khususnya di Wilayah Hukum Polres Aceh Tengah, kepada Media mengatakan “Hari ini Minggu (16/1/22) Launching Vaksinasi bagi anak Usia 6 – 11 thn mulai dilaksanakan diseluruh Gerai Vaksin Polres dan Puskesmas yang ada di wilayah Kab Aceh Tengah.

    Report Chandra

    Takengon |Catur Prasetya News – Markas Komando Kepolisian Resor Aceh Tengah Berbagai Gebrakan Sosialisasi pentingnya Vaksinasi. Saat ini Vaksin memang sangat dibutuhkan untuk kekebalan tubuh kita ,baik untuk anak anak maupun orang dewasa bahkan sampai Lanjut Usia.

    Dimasa Pandemi Covid ini Pemerintah kita mewajibkan Untuk semua rakyatnya agar dilakukan Vaksinasi dengan tujuan agar semua masyarakat setidaknya Menjaga Tubuh Sebagai Penangkal Virus Corona. Tubuh Sehat wal afiat atau dengan vaksin kekebalan tubuh secara menyeluruh terhindar dari Virus yang Mematikan.

    Vaksinasi adalah Langkah upaya kita dalam turut menciptakan Komunitas Yang Imun Tubuh kuat, Dengam Capaian Target menuju Hard Immunity, dengan turut ikut diri diVaksin maka Herd immunity bisa tercapai.

    Kapolres Aceh tengah AKBP Nurrochman Nulhakim, S.IK Diacara Launching Covid 19 khusus Vaksinasi anak Khususnya di Wilayah Hukum Polres Aceh Tengah, kepada Media mengatakan “Hari ini Minggu (16/1/22) Launching Vaksinasi bagi anak Usia 6 – 11 thn mulai dilaksanakan diseluruh Gerai Vaksin Polres dan Puskesmas yang ada di wilayah Kab Aceh Tengah.

    Untuk diketahui Pelaksanaan Vaksin bagi anak anak dilaksanakan sebab syarat yg ditentukan dari Dinas Kesehatan Aceh tengah yakni Lansia sdh 60 % dan lainnya 70% sdh di Vaksin dan Aceh tengah termasuk dalam 17 Kabupaten di Provinsi Aceh yg boleh melaksanakan Vaksinasi Covid bagi Anak Usia 6-11 Thn .

    Kemudian sebut Nulhakim “Ada yang menarik dalam pelaksanaan Vaksin kali ini” sebut Kapolres Aceh tengah.Lanjut Nurrochman juga menambahkan “Alana yang berumur 6 Tahun, yaitu putri kandung saya sendiri, Alana juga Dirinya meminta untuk menjadi orang pertama yang di Vaksin.” Papar Kapolres Aceh Tengah, lanjut Nulkahim juga menambahkan “Walaupun harus di Apit oleh Ibunya ketika Suntik Vaksin mendarat dilengannya” sebut Kapolres Aceh Tengah.

    Namanya di Suntik pasti anak anak peserta Vaksin merasa takut, akan tetapi Kak dedek banyak memberikan Motivasi bagi anak, sambil memberikan cerita cerita dongeng anak anak dengan Tema utamanya tentang Vaksin.

    Canda gurau pun terjadi sambil proses Vaksin anak anak berlangsung, sehingga semangat anak anak peserta vaksin yang didampingi masing masing orang tuanya tidak lagi merasa takut dan terbukti, acara berjalan Dengan baik dan lancar, Alhamdulillah saat acara berlangsung tidak ada Suara tangisan anak anak ketika Suntik Vaksin mendarat dilengan anak seperti Alana dan Aisyah sebut AKBP Nurrochman Nulhakim, S.IKTidak sampai disitu saja ungkap Kapolres Aceh Tengah Kegiatan tersebut juga banyak bagi bagi hadiah atau door prize khusus untuk disediakan bagi anak anak peserta Vaksin dari Sepeda anak anak , hingga hadiah jajanan anak, ketika masuk ke ruang Vaksin maupun setelah keluar , tentu saja dimaksudkan agar anak tidak merasa takut dan suasana Gembira didalam gedung seperti pengakuan salah satu anak anak yaitu Aisyah yang berumur 6 Tahun dimana dirinya tinggal di Lorong SMK Takengon dengan Seragam Kepolisian, dia bilang dirinya Tidak takut disuntik ungkap Aisyah .

    Kapolres Aceh tengah AKBP Nurrochman Nulhakim, S.IK Diacara Launching Covid 19 khusus Vaksinasi anak Khususnya di Wilayah Hukum Polres Aceh Tengah, kepada Media mengatakan “Hari ini Minggu (16/1/22) Launching Vaksinasi bagi anak Usia 6 – 11 thn mulai dilaksanakan diseluruh Gerai Vaksin Polres dan Puskesmas yang ada di wilayah Kab Aceh Tengah. reporter Chandra

    Selain itu untuk diketahui Acara Tetap mematuhi Protokol Kesehatan, semua anak anak tetap menggunakan masker dan mereka Mengerti manfaatnya, anak anak akui untuk mencegah penularan Covid19 dan itu pengakuan dari 5 orang anak ketika ditanya kak dedek sewaktu akan diberikan Hadiah .

    Harapan Kapolres Aceh Tengah ” Harapan Saya semua anak anak di Aceh tengah, khususnya yang berusia 6-11 tahun bisa divaksin hingga Hard Immunity Di Aceh Tengah bisa tercapai ” Pungkastutup AKBP Nurrochman Nulhakim, S.IK

    Editorial Guslian Ade Chandra, Korespondensi Humas Polres Aceh Tengah By . Zen .Editing whdn . Foto grafer mln .(16/1/22)

    PUTRI KAPOLRES ACEH TENGAH “Alana” Orang Pertama Divaksin tingkat Anak anak by Chandra
  • “Anak Yang Tak Gentar Divaksin” Mendapatkan Perhatian Kapolda Aceh dan Kagumi Imelda”

    LHOKSEUMAWE-Catur Prasetya News Ada seorang anak di Lhokseumawe, Imelda Aurel Azmi kini berusia 7 tahun dan masih menduduki kelas 1 SDN 8 Lhokseumawe, pada hari ini, Senin (10/1/22) ia melakukan vaksin dalam program vaksinasi merdeka untuk anak berusia 6-11 tahun yang digelar di Gerai Vaksin Aula Wira Satya Polres Lhokseumawe.

    Apa gerangan yang membuat sejumlah pejabat itu terkejut, tak lain ketika mendengar kalimat yang keluar dari mulut Imelda, yaitu ” Enggak sakit lho disuntik (vaksin), gak takut juga.” Ujar Imelda didepan Para Awak media.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh LHOKSEUMAWE, 10/1/22

    Hal itu kemudian disampaikan ke Polda Aceh dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, mengetahui hal tetsebut sangat mengaguminya.

    Alangkah terkejutnya pajabat yang hadir dalam kegiatan itu termasuk Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S. I. K., M. H, yang didampingi sejumlah PJU Polres Lhokseumawe. Editor Chandra

    Hal itu kemudian disampaikan ke Polda Aceh dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, mengetahui hal tetsebut sangat mengaguminya.

    Doc Chandra CP-NEWS 10/1/22

    Saya selaku Kapolda Aceh sangat mengagumi semangat dan keberanian Imelda Aurel Azmi tampil tanpa ada rasa takut sedikitpun untuk disuntik vaksin.

    ” Saya kagum dengan semangat dan keberanian Imelda untuk menjalani vaksin, seraya ia mengajak teman-teman sekolahnya untuk melakukan vaksin, ” sebut Kapolda Aceh lagi mengakhiri keterangannya.

    AKBP Eko Hartanto SiK MH, Sempat kaget karena lihat imelda yang siap menjadi Pahlawan Bangsa
    Hal itu kemudian disampaikan ke Polda Aceh dan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, mengetahui hal tetsebut sangat mengaguminya.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh LHOKSEUMAWE, 10/1/22

    Media Catur Prasetya News ” Media Portal On-line MITRA POLRI” Doc Chandra
  • Mitra CP-NEWS

    Berikut ini Limk Koneksi Mitra Catur Prasetya News

  • Syarat Bergabung Menjadi Wartawan CP-NEWS
    Media Catur Prasetya News

    LHOKSEUMAWE – Catur Prasetya News Berikut adalah delapan syarat menjadi wartawan Medoa Catur Prasetya News. Nomor 1 sampai 6 disarikan dari buku Menggebrak Dunia Wartawan [1993, Kurniawan Junaedhie], ditambah pengalaman pribadi penulis.

    1. Tidak alergi terhadap teknologi. Wartawan zaman sekarang harus fasih memakai email untuk mengirim berita, alat perekam suara, kamera foto atau video, dan mencari referensi lewat Internet.

    2. Punya naluri-ingin-tahu yang tinggi dan bukan penakut. Lebih bagus lagi kalau bernaluri sebagai detektif. Wartawan sering diancam karena tulisannya, tapi jangan lantas berhenti menulis.

    3. Menguasai bahasa. Tentu saja yang terutama adalah bahasa Indonesia. Aku sering menemukan wartawan yang tidak mampu menulis secara jelas, melainkan berputar-putar dengan “bahasa langit”, bahkan beberapa di antaranya adalah “wartawan senior” yang sudah 20-30 tahun bekerja.

    5. Santun dan tahu etika. Aku kerap melihat wartawan yang memaksa masuk ke ruangan pejabat dan langsung duduk padahal si pejabat sebenarnya belum bersedia menerima karena masih ada tamu atau pekerjaannya yang lain. Ada juga wartawan yang mewawancarai narasumber dengan bahasa memaksa, mendesak bagai polisi. Boleh saja meliput peristiwa seperti demo atau lomba tarik tambang dengan memakai celana pendek, tapi jangan berkaus oblong saat meliput sidang pengadilan atau masuk ke kamar kerja gubernur.

    6. Disiplin pada waktu. Wartawan tidak boleh menulis berdasarkan mood seperti halnya seniman, karena redaksi dibatasi deadline untuk menerbitkan berita. Sering wartawan-magang gagal diterima karena selalu telat menyetor berita. Bila kau tergantung pada mood, maka pilihlah menjadi wartawan lepas atau bloger.

    Wartawan Media Catur Prasetya News

    7. Berwawasan luas. Untuk hal ini, sejak dulu aku sepakat bahwa penulis yang baik harus lebih dulu menjadi pembaca yang baik. Banyak wartawan daerah yang tidak mau membaca media nasional, buku-buku populer, atau mengorek isi Internet; mereka hanya membaca korannya sendiri, itupun cuma untuk melihat “beritaku terbit nggak, nih.”

    8. Jujur dan independen. Memangnya ada wartawan yang tidak jujur? Banyak, terutama di daerah. Berita bisa direkayasa sesuai pesanan narasumber. Seratusan orang demo bisa muncul di koran sebagai seribuan orang. Bupati diadukan korupsi, berita yang muncul menjadi “Ada LSM yang ingin membuat rusuh Tobasa.”
    Memangnya ada wartawan tidak independen? Ini paling banyak, bahkan di Jakarta sekalipun. Harian terbesar Amerika, Washington Post, menetapkan syarat bagi wartawannya: “Lepaskan dulu jabatanmu di parpol, baru bergabung dengan koran ini.” Di Balige, kabupaten lain, Medan, provinsi lain, kujamin banyak wartawan yang aktif di partai politik.


    9. Memperlakukan profesi wartawan bukan semata-mata demi uang. Profesi kuli-tinta sering disandingkan dengan seniman. Ia adalah sosok idealis, yang bekerja tidak melulu karena gaji tinggi. Pengacara bisa saja menolak bekerja kalau kliennya tidak mampu membayar tarif sekian rupiah. Aku sering menemukan wartawan yang tidak mau menulis karena narasumbernya tidak memberikan uang seperti diminta si wartawan.

    Demikianlah Sembilan syarat menjadi wartawan yang perlu diketahui dan dijadikan salah satu referensi bagi Anda. (Guslian Ade Chandra-Pimred CP-News)

  • KAMTIBMAS KONDUSIF “Malam Tahun Baru 2022 Banda Aceh Terkandali, Aman, Lancar dan Tertib”

    Malam Tahun Baru di Banda Aceh Tanpa Kegiatan Eforia

    Banda Aceh – Catur Prasetya News Kepala Kepolisian Daerah Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, menyebutkan malam tahun baru 2022 di Kota Banda Aceh dan sekitarnya berjalan normal seperti malam-malam sebelumnya, dimana aktivitas masyarakat biasa-biasa saja tanpa kegiatan eforia seperti membakar kembang api, konvoi dan kegiatan lainnya yang dianggap berlebihan.

    Selain itu, kata Kapolda Aceh dalam siaran pers Menerangkan kondisi di Aceh secara umum pada malam tahun baru 2022 berdasarkan laporan dan pantauan di lapangan seperti di Kota Banda Aceh sangat kondusif dan aktivitas masyarakat berjalan lancar dan nyaman.

    Hal Tersebut Kapolda Aceh menyampaikan itu melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/1/22) pagi.

  • 1 Unit Mobil dan 22 Sepmor Diamankan ” Dua Residivis Curanmor Berhasil Diamankan Petugas”

    Kabar Kriminal

    Langsa – Catur Prasetya News Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Langsa berhasil menangkap dua orang residivis pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) dan berhasil mengamankan 1 unit mobil jenis box merek Suzuki Carry serta 22 Sepmor.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh,Langsa

    Hal tersebut diungkapkan Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH., SIK., MH. melalui Kasat Reskrim Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K., M.H. dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021) di Mapolres Setempat.

    Krisna mengatakan, penangkapan tersebut bermula dari adanya informasi dan laporan masyarakat tentang tindak pidana pencurian sepeda motor yang sangat meresahkan.

    Berdasarkan laporan tersebut, kata Krisna, Unit Resmob Sat Reskrim Polres Langsa yang dipimpin oleh Ipda Muh. Zainal DJ. Madas, SH. melakukan penyelidikan dan menangkap ED (42) dan IW (40). Keduanya merupakan resedivis Curanmor.

    Saat ditangkap, sambung Krisna, kedua tersangka sedang mengendarai mobil jenis box Suzuki Cary dengan Nopol BL 8430 NP. Setelah dilakukan penggeledahan, petugas menemukan satu kunci pas nomor 8 warna silver dan satu kunci L nomor 8 warna hitam yang telah digrenda di saku jaket IW.

    Dukung KAPOLRI mewujudkan Transformasi Menuju POLRI PRESISI

    “Mereka ditangkap saat mengendarai mobil dan kami menemukan beberapa kunci yang diduga digunakan untuk mencuri Sepmor. Setelah dilakukan interogasi singkat, keduanya mengakui telah melakukan Curanmor di sejumlah tempat di Kota Langsa,” terang Krisna.

    Adapun barang bukti yang berhasil diamankan adalah satu kunci pas, satu kunci L, satu unit mobil jenis box merek Suzuki Carry warna merah dengan Nopol BL 8430 NP, 22 Sepmor, dan satu unit handphone.

    Aksi Gila SIAGAM POLRES LHOKSEUMAWE


    “Kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 363 Ayat 2 Subs Pasal 65 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan yang Dilakukan Secara Berulang-ulang dengan ancaman pidana sembilan tahun penjara,” pungkasnya.


    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh,Langsa 31/12/21

  • Semangat Menuju Herd Immunity Tanpa Disadari Alhijrah Warga Aceh Tengah Mendapatkan Hadiah Paket Umroh dari Kapolda Aceh
    Alhijrah seolah tidak percaya mendapatkan Paket Umroh dlm Tahap III ,setelah Vidio call Alhamdulillah Sebutnya.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Humas Polres Aceh Tengah, 29/12/21

    Takengon – Catur Prasetya News Markas Komando Untuk meningkatkan Animo Masyarakat agar tidak ragu untuk vaksin. Oleh Sebab itu Polda Aceh kembali berikan 40 Paket Umroh Tahap III bln Desember 2021 bagi peserta Vaksin Covid 19 periode 1 Desember s/d 25 Desembeber 2021 .
    Paket Umroh yg disediakan bagi peserta Vaksin dari Unsur TNI (Babinsa),POLRI (Bhabinkamtibmas), Tenaga kesehatan, Rekan Media . Diundi hari Selasa 28 Desember 2021

    Kepala Kepolisian Resor Aceh tengah AKBP Nurochman Nulhakim ,S,IK mengatakan, Polres Aceh tengah Selasa (29/12) sengaja melakukan pengundian untuk 1 org peserta Vaksin Doprise dari Semangat Vaksin, berhak mendapatkan Paket Umroh yg disediakan oleh Kepolisian Daerah Aceh .

    Pada Paket Umuroh tahap III kali ini Sebut Kapolres, khusus bagi masyarakat diberikan kewenangan utk mengundi Sendiri Siapa yg berhak utk mendapatkan 1 paket Umroh , sehingga hari ini kita laksanakan Pengundian dengan menggunakan Aplikasi Wheel of Names.

    Pada Apliksi ini Peserta Vaksin terhitung dimulai periode 1 Des s/d 25 Desember dengan cara masukan Nama dan Nomor Hand Phone. Sehingga dengan disaksikan oleh KAKANKEMENAG , KETUA MPU , Para Awak media dan PJU Polres Aceh Tengah Secara Live Streming maka diumumkan pemenang Warga Aceh Tengah jatuh Alhijrah bernasib baik mendapatkan Paket Umroh .

    Alhijrah sendiri berdomisili di Kecamatan Bintang, ketika Kabag Ops menelpon untuk memberitahukan dia mendapatkan Paket Umroh Via Hand Phone semula ia katakan ia tidak mau dengan hal Tersebut Namun setelah Kapolres menghubungi Vidio Call barulah ia yakin Bahwa ia benar mendapatkan Paket Umroh bagi peserta Vaksin.

    Selain itu juga saat acara itu berlangsung Kapolres Aceh Tengahemyebutkan disamping Paket Umroh bagi masyarakat ada juga Untuk Perwakilan TNI yakini Babinsa, Perwakilan Polri yakni Bhabinkamtibmas, sebagai ujung tombak Pilar Bangsa Indonesia. Dalam kesempatan itu Wartawan dan Tenaga Kesehatan juga berkesempatan untuk undian Paket Umroh, Akan tetapi Pengundiannya dilaksanakan di Banda Aceh .

    Editor Guslian Ade Chandra Korespondensi Humas Polres Aceh Tengah,29/12/21
    kapolda Aceh Irjen pol Drs Ahmad HAYDAR memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Aceh berkesempatan untuk undian berhadiah Paket Umroh

    Polres Aceh Tengah Siap Menuju Herd Immunity

    Kapolres Aceh Tengah AKBP Nurochman Nulhakim SiK MH bersama Masyarakat Aceh Tengah memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta vaksin Berhadiah Paket Umroh. 29/12/21 Doc. Zein edit whd

    Nulhakim juka memaparkan Bahwa Kepolisian Resor Aceh Tengah ” Alhamdulillah Polres kita sendiri selain dari Paket Umroh ,kita juga menyediakan Door Prize bagi 4 orang yang bernasib baik sesuai dgn Undian dari Aplikasi Wheel Of Names” papar Kapolres Aceh Tengah.

    Disamping itu Kapolres tetap mengharapkan kepada Warga Aceh Tengah untuk tidak ragu ragu lagi, Vaksin Halal dan Aman, Ayo segera Vaksin sebab Vaksin membentuk Komunitas Komunal Masyarakat yang kuat Imun tubuh lawan Covid19.

    Editorial Guslian Ade Chandra, Korespondensi Kasi Humas Polres Aceh Tengah,, Laporan Zen .Edit whdn .

  • Semangat Menuju Herd Immunity Tanpa Disadari Alhijrah Warga Aceh Tengah Mendapatkan Hadiah Paket Umroh dari Kapolda Aceh
    Editorial Guslian Ade Chandra, Korespondensi Kasi Humas Polres Aceh Tengah,, Laporan Zen .Edit whdn .

    Alhijrah seolah tidak percaya mendapatkan Paket Umroh dlm Tahap III ,setelah Vidio call Alhamdulillah Sebutnya.

    Harapan Kapolda Aceh Tidak ada lagi Masyarakat Aceh Ragu untuk Vaksin

    Takengon – Catur Prasetya News Markas Komando Untuk meningkatkan Animo Masyarakat agar tidak ragu untuk vaksin. Oleh Sebab itu Polda Aceh kembali berikan 40 Paket Umroh Tahap III bln Desember 2021 bagi peserta Vaksin Covid 19 periode 1 Desember s/d 25 Desembeber 2021 .
    Paket Umroh yg disediakan bagi peserta Vaksin dari Unsur TNI (Babinsa) , POLRI (Bhabinkamtibmas), Tenaga kesehatan, Rekan Media . Diundi hari Selasa 28 Desember 2021

    Kepala Kepolisian Resor Aceh tengah AKBP Nurochman Nulhakim ,S,IK mengatakan, Polres Aceh tengah Selasa (29/12) sengaja melakukan pengundian untuk 1 org peserta Vaksin Doprise dari Semangat Vaksin, berhak mendapatkan Paket Umroh yg disediakan oleh Kepolisian Daerah Aceh .


    Pada Paket Umuroh tahap III kali ini Sebut Kapolres, khusus bagi masyarakat diberikan kewenangan utk mengundi Sendiri Siapa yg berhak utk mendapatkan 1 paket Umroh , sehingga hari ini kita laksanakan Pengundian dengan menggunakan Aplikasi Wheel of Names.

    Pada Apliksi ini Peserta Vaksin terhitung dimulai periode 1 Des s/d 25 Desember dengan cara masukan Nama dan Nomor Hand Phone. Sehingga dengan disaksikan oleh KAKANKEMENAG , KETUA MPU , Para Awak media dan PJU Polres Aceh Tengah Secara Live Streming maka diumumkan pemenang Warga Aceh Tengah jatuh Alhijrah bernasib baik mendapatkan Paket Umroh .

    Alhijrah sendiri berdomisili di Kecamatan Bintang, ketika Kabag Ops menelpon utk memberitahukan dia mendapatkan Paket Umroh Via Hand Phone semula ia katakan ia tidak mau dengan hal Tersebut Namun setelah Kapolres menghubungi Vidio Call barulah ia yakin Bahwa ia benar mendapatkan Paket Umroh bagi peserta Vaksin.

    Selain itu juga saat acara itu berlangsung Kapolres Aceh Tengahemyebutkan disamping Paket Umroh bagi masyarakat ada juga Untuk Perwakilan TNI yakini Babinsa, Perwakilan Polri yakni Bhabinkamtibmas, sebagai ujung tombak Pilar Bangsa Indonesia. Dalam kesempatan itu Wartawan dan Tenaga Kesehatan juga berkesempatan untuk undian Paket Umroh, Akan tetapi Pengundiannya dilaksanakan di Banda Aceh .

    Nulhakim juka memaparkan Bahwa Kepolisian Resor Aceh Tengah ” Alhamdulillah Polres kita sendiri selain dari Paket Umroh ,kita juga menyediakan Door Prize bagi 4 orang yang bernasib baik sesuai dgn Undian dari Aplikasi Wheel Of Names” papar Kapolres Aceh Tengah.

    Disamping itu Kapolres tetap mengharapkan kepada Warga Aceh Tengah untuk tidak ragu ragu lagi, Vaksin Halal dan Aman, Ayo segera Vaksin sebab Vaksin membentuk Komunitas Komunal Masyarakat yang kuat Imun tubuh lawan Covid19.

    Editorial Guslian Ade Chandra, Korespondensi Kasi Humas Polres Aceh Tengah,, Laporan Zen .Edit whdn .

    By Report Chandra 29/12/21

  • STOP PRESS Saudara Bustamam
    Bustamam Koordinator Liputan

    Sehubungan dengan Melanggar kide etik pers, Redaksi Media Catur Prasetya News Memberhentikan sementara waktu, diakibatkan atas kelalaiannya dalam menjabat Koordinator Liputan.

    TTD

    Pimred CP-NEWS

  • Harapan Kapolda Aceh “Jangan Ada Lagi Masyarakat yang Ragu Untuk Vaksin” Irjen Pol Drs Ahmad HAYDAR S.H, M.M

    Banda Aceh – Catur Prasetya News Kepala Kepolisian Daerah Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S.H., M.M. melalui Kabid Humas Kombes Pol. Winardy, S.H., S.I.K., M.Si. dalam Siaran Pers singkat  berharap jangan ada lagi masyarakat yang ragu untuk melaksanakan vaksin, baik itu dosis I maupun dosis II.

    By edit Chandra

    Hal ini seiring dengan Meningkatnya Animo Masyarakat Untuk Vaksin dipenghujung Tahun 2021, juru bicara Polda Aceh  Winardy melalui keterangan tertulisnya, menyampaikan grafik Peningkatan jumlah Warga yang sudah divaksin. Jumat (24/12/2021) hal inj terungkap saat mengupdate capaian harian vaksinasi Covid-19 Polda Aceh dan Jajaran.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh

    Dalam kesempatan itu Winardy Memaparkan “Harapan Kapolda Aceh saat ini masyarakat tidak ada alasan lagi untuk ragu melaksanakan vaksin, di mana segala bentuk edukasi dan regulasi sudah diberikan, termasuk keterangan dari MUI yang menyatakan vaksin halal” tegas Kabid Humas Polda Aceh.

    Oleh karena itu, perlu upaya seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengejar ketinggalan vaksinasi agar tembus target 70 persen pada akhir Desember ini. Doc Chandra 24/12/21

    Lanjut Kombespol Winardy juga menambahkan “Keragu-raguan masyarakat tersebut, merupakan salah satu hal yang diduga mempengaruhi capaian harian vaksin kita saat ini, yang dimana per tanggal 23 Desember 2021 sebanyak 77.628 Orang.

    Jumlah tersebut, sambungnya lagi, masih kurang dari target harian yang ditentukan, yaitu sebanyak 86.200 orang.

    Himbauan Vaksin SIAGAM Sinergitas- Berakhlak- Gigih- Amanah- melayani  POLRES LHOKSEUMAWE

    Oleh karena itu, perlu upaya seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengejar ketinggalan vaksinasi agar tembus target 70 persen pada akhir Desember ini.

    “Target vaksinasi kita sebesar 70% hingga akhir Desember 2021 ini dan perlu kerja sama semua pihak untuk menggenjot pencapaian target tersebut,” tutupnya.

    Editorial Guslian Ade Chandra Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, Banda Aceh,24/12/21


    “Target vaksinasi kita sebesar 70% hingga akhir Desember 2021 ini dan perlu kerja sama semua pihak untuk menggenjot pencapaian target tersebut,” tutupnya.
  • T. Rasyidin Za Jurnalis/Kabiro Aceh Utara /Wartawan CP-NEWS

    T. Rasyidin Za Jurnalis/Kabiro Aceh Utara /Wartawan CP-NEWS
  • TARMIZI DEWAN Redaksi CP-NEWS
    TARMIZI DEWAN Redaksi Media Catur Prasetya News Media Portal On-line MITRA Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Guslian Ade Chandra Pimpinan Redaksi Media Catur Prasetya News
    Pimpinan Redaksi
    Catur Prasetya News Media Portal On-line MITRA Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • BUMG Gampong Cot Keumeuneng Aceh Utara Dipertanyakan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021.

    Reporter Guslian Ade Chandra 13/11/21

    Lhoksukon – Catur Prasetya News Corona Virus Disease 2019 atau istilahnya disingkat Covid19 telah menimbulkan korban jiwa , dan kerugian material yang besar sehingga berinvestasi pada aspek sosial, ekonomi  dan kesejahteraan masyarakat.

    Penggunaan dana gampong tahun 2012 1 tetap diprioritaskan untuk penanganan coffe it’s 16 kegiatannya berupa desa aman coffe 13 koma bantuan langsung tunai koma selanjutnya untuk memperkuat adaptasi kebiasaan baru untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG s) Gampong dan Pemulihan ekonomi di Gampong sebagaimana dalam Peraturan Menteri Desa sebagaimana Dimaksud Dalam Peraturan  Menteri Desa Pembangunan Daersah Tertinggal fan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

    Gampong Cot Keumeuneng Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Gampong Tersebut Terlihat sedikit Berlebihan dengan Membangun Konstruksi Meski Untuk Kepentingan BUMG Gampong, Gampong Cot Keumeuneng TPK bersama Pengurus BUMG membangun Kios Milik BUMG Gampong Cot Keumeuneng,

    Oleh Karena itu Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengeluarkan Peraturan Bupati Aceh Utara Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Gampong Dalam Kabupaten Aceh Utara Tahun 2021

    Dalam Hal Tersebut, penggunaan Gampong untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan gampong sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 huruf a diberitakan untuk pencapaian SDGs Gampong  yaitu salah satunya, Pembentukan,. pengembangan, dan Revitalisasi BUMG/BUMG BERSAMA untuk Pertumbuhan Ekonomi Merata.

    Pengembangan usaha ekonomi Produktif yang diutamakan dikelola BUMG/BUMG BERSAMA untuk mewujudkan konsumsi dan Produksi Gampong sadar Lingkungan.

    Tidaklah mengherankan Aceh Utara Memiliki 868 Desa yang dimana Bebas Melakukan Sejumlah Uang YANG TIDAK TEPAT SASARAN, Bahkan Uang Tersebut Berjalan Lancar tanpa Ada Pihak Diharapkan untuk Mengawasi pelaksanaan Dana Desa Yang tidak tepat Sasaran.



    Salahsatunya  Gampong Cot Keumeuneng Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Gampong Tersebut Terlihat sedikit Berlebihan dengan Membangun Konstruksi Meski Untuk Kepentingan BUMG Gampong, Gampong Cot Keumeuneng TPK bersama Pengurus BUMG membangun Kios Milik BUMG Gampong Cot Keumeuneng,  Sebuah Fakta Yang Menyedot Uang dana desa Sebesar 400juta Lebih Yang ironisnya digampong Tersebut Masih ada warga Yang Belum Menerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai. Kalau Pun Memang untuk pemulihan Ekonomi Gampong Sejumlah 400juta lebih Tersebut Lebih Bermanfaat, seperti Memberikan Modal Kepada Para Ibu Rumah Tangga, untuk Mengembangkan Usahaekonomi keluarganya. Atau Melakukan Revitalisasi BUMG Gampong dengan Cara Mengembangkan Usaha yang seharusnya tidak menjadi Sebuah Pemanfaatan Bagi Orang Orang Tertentu didesa saja.

    Artinya Desa Cot Keumeuneng Layak Dan Pantas Untuk segera dilakukan Audit Investigasi Oleh Inspektorat Pemkab Aceh Utara, Guna Mencegah Uang Negara Yang diselewengkan Oleh Oknum Keuchik dengan Menyalahgunakan Wewenang dan Jabatannya.

    Sementara Itu Modus Operandi TPK Bersama Pengurus BUMG Gampong Cot Keumeuneng Melaksanakan Realisasi Pembangunan Kios Tersebut Di Penghujung Tahun, sebagaimana Silfa Dana Desa Tersebut dapat dinikmati oleh oknum yang diduga terindikasi Korupsi.

    Report Guslian Ade Chandra.
    13/11/21

  • SPBU Blangthupat, selain jual BBM SUBSIDI KEPADA PENADAH BBM SUBSIDI TANPA ADA IZIN, SATU SATUNYA SPBU YANG Tidak Taat Syariat Islam AZAN Jum’at dan Azhan Magrib Beroperasi
    Report Guslian Ade Chandra 11/11/21

    LHOKSEUMAWE- Catur Prasetya News SPBU Blang Thuphat Yang terletak dipinggir Jalan Medan Banda Aceh, tepatnya dikecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, milik Pak Haji Ini Melalui Isterinya saat dikonfirmasi mengenai Beroperasi Nya SPBU disaat Azan Magrib  Berkumandang dan Azan Jum,at Beroperasi diruang Kerjanya (23/10) yang lalu.

    SPBU Blangthupat, selain jual BBM SUBSIDI KEPADA PENADAH BBM SUBSIDI TANPA ADA IZIN, SATU SATUNYA SPBU YANG Tidak Taat Syariat Islam AZAN Jum’at dan Azhan Magrib Beroperasi. Doc Chandra CP-NEWS 11/11/21


    Bunda Haji mengatakan Bahwa SPBU Milik Memiliki Izin Beroperasi 24 Jam. Seraya Marah dan Menghubungi Pak Camat Muara Satu Kota Lhokseumawe.

    pemilik SPBU Pertamina BlangThupat Kota Lhokseumawe Yang Beroperasi diaat Azan Magrib, dan Shalat Jum’at menurut isterinya mengatakan bahwa mereka memiliki Izin Beroperasi 24 jam, Ironisnya pemilik SPBU Pertamina BlangThupat Kota Lhokseumawe ini akrab disapa Pak Haji. Doc. Chandra CP-NEWS 11/11/21



    Tidak hanya itu Saja Pada tanggal 8 November 2021 Yang lalu, SPBU Blang Thuphat saat itu Petugas Pengisi BBM Sedang Mengisi BBM Bersubsidi Kepada Warga  Tanpa memiliki izin. Lalu pelaku Penadah BBM Bersubsidi, yang berinisial S ini dengan Mudah dan tanpa khawatir tetap melakukan Aktifitasnya.

    Pelaku berinisial S Diduga kuat dengan Sengaja Melawan Hukum Melakukan Penimbunan BBM Bersubsidi Tanpa Izin, (Chandra)



    Setelah ditelusuri Ternyata S Memiliki Pakalan Minyak Yang Berada di Jalan Elak Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.
    Diduga kuat Pangkalan BBM Bersubsidi Tanpa Izin tersebut bebas Beroperasi.

    Lokasi Pangkalan BBM Bersubsidi Tanpa Izin yang berada di Kecamatan Nisam Kabupaten Acrh Utara, Bebas Beroperasi Menjual BBM Bersubsidi Tanpa Izin (13/11/21)

    Diminta Kepada Penyidik Polres Lhokseumawe Untuk Melakukan Investigasi Lebih Lanjut dan melakukan Audit Monotoring perlu diperhatikan mengingat, berjamur nya pangkalan pangkalan BBM Bersubsidi Tanpa Izin tersebut bebas Beroperasi dan menyalahi Aturan hukum yang berlaku.


    Report Guslian Ade Chandra

  • Ini dia Nama Nama 11 Pati POLRI naik Pangkat
    Editorial Guslian Ade Chandra, 11/11/21

    JAKARTA – Catur Prasetya News Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terhadap 11 perwira tinggi (Pati) Polri . Sebelas Pati Polri tersebut terdiri dari, dua orang Irjen menjadi Komjen, tiga Brigjen menjadi Irjen dan enam Kombes menjadi Brigjen.

    Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terhadap 11 perwira tinggi



    “Bapak Kapolri memimpin upacara. Dalam kegiatan tersebut ada dua yang pertama korps raport dan kedua serah terima jabatan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021).

    Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara Korps Raport atau kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi terhadap 11 perwira tinggi (Pati) Polri. Foto/



    Adapun ke-11 pati yang dinaikan setingkat lebih tinggi yakni:

    1. Komjen Sutanto Pati Baintelkam Polri (penugasan pada BSSN).
    2. Komjen Ahmad Dofiri Kabaintelkam Polri.
    3. Irjen Charles Bonardo Sadatua Nasution Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.
    4. Irjen Suhaendra penugasan pada BNPT.
    5. Irjen Helmy Santika Sahlijemen Kapolri.
    6. Brigjen Rudi Antariksawan Dir Samapta Korsabhara Polri.
    7. Brighen Heru Koco Auditor Kepolisian Utama Tingkat III Itwasum Polri.
    8. Brigjen Yusri Yunus Dir Regident Korlantas Polri.
    9. Brigjen Untung Widyatmoko Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat II Sespim Lemdiklat Polri.
    10. Brigjen Teddy Gusnandar penugasan pada BIN.
    11. Brigjen Whisnu Hermawan Februanto Dir Tipideksus Bareskrim Polri.

    Breaking CP-NEWS Media Catur Prasetya News
    Media Catur Prasetya News
    Breaking CP-NEWS Media Catur
    Media Catur Prasetya News
    Headline CP-NEWS
    Breaking CP-NEWS
    MEDIA Catur Prasetya News Media Portal On-line
    MEDIA Catur Prasetya News Media Portal On-line MITRA Kepolisian Negara Republik


    Selain Korps Raport, Kapolri juga memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab). Di antaranya adalah, Kabaintelkam, Aslog Kapolri, Kakorlantas, Kadiv Humas Polri hingga beberapa Kapolda.

    Komjen Ahmad Dofiri dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri. Kapolda Jabar nantinya bakal diisi oleh Wakabaintelkam Irjen Suntana. Sementara itu, Wakabaintelkam akan diisi oleh Irjen Merdisyam yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulsel.



    Sedangkan, Kapolda Sulsel nantinya bakal diisi oleh Irjen Nana Sudjana. Selain itu, Irjen Argo Yuwono diangkat menjadi Aslog Kapolri. Sementara itu, posisi Kadiv Humas ke depannya bakal diisi oleh Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prasetyo.

    Aslog Kapolri saat ini Irjen Firman Shantyabudi bakal menduduki posisi Kakorlantas Polri. Mengingat, Irjen Istiono sudah memasuki masa pensiun. Untuk jabatan, Kapolda Kalteng ke depannya bakal dijabat oleh Irjen Nanang Avianto.

    Media Catur Prasetya News



    Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Mulyatno jadi Kapolda Sulut menggantikan Irjen Nana Sudjana.


    Kapolda Babel Irjen Anang Syarif Hidayat jadi Sahlisosbud Kapolri digantikan oleh Kapolda Sultra Irjen Yan Sultra Indrajaya. Lalu, Pati Baintelkam Polri Irjen Teguh Pristiwanto jadi Kapolda Sultra menggantikan Irjen Yan Sultra.

    Editor Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Humas Mabes Polri
    10/11/21

    SANJUNG SARI “Selasa Berkunjung BERSAMA Bhayangkari”
  • Menuju Herd Immunity “Ditpamobvit Polda Aceh Gelar Vaksinasj Massal di Peukan Bada Dan Ponpes Ma’had Tahfizh Al-ikhlas”
    Headline CP-NEWS Media Catur Prasetya

    Jantho – Catur Prasetya News Ditpamobvit Polda Aceh menggelar vaksinasi massal di 2 lokasi di Aceh Besar, masing-masing di Desa Lam Manyang Kecamatan Peukan Bada dan di Ponpes Ma’had Tahfizh Al-Ikhlas, Kamis (11/11/21)

    Editorial Guslian Ade Chandra, Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 11/11/21
    MEDIA Catur Prasetya News
    Ayo Berjuang Menjadi Pahlawan Bangsa Tanah Air Ibu Pertiwi, dengan Cara Mari Akita Dukung dan Menyukseskan Vaksinasi Massal BERSINERGITAS MENUJU HERD IMMUNITY. Editorial Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh, 11/11/21
    Editorial Guslian Ade Chandra, 11/11/21


    Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs.Ahmad Haydar, S. H., M. M, melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, vaksinasi massal yang digelar di Peukan Bada Ditpamobvit bekerja sama dengan Bid Dokkes Polda Aceh, sedangkan yang digelar di Ponpes Ma’had Tahfizh Al-Ikhlas bekerja sama dengan Biro Ops Polda Aceh.

    Vaksinasi yang digelar di Desa Lam Manyang, jumlah peserta yang hadir sebanyak 104 orang, namun yang bisa divaksin dosis 1 sebanyak 66 orang dan dosis 2 sebanyak 37 orang sedangkan yang ditunda vaksin sebanyak 1 orang, ucap Kabid Humas.


    Kemudian vaksinasi massal yang digelar di Ponpes Ma’had Tahfizh Al-Ikhlas yang berhasil divaksin dosis 1 sebanyak 25 orang dan dosis 2 sebanyak 45 orang, sambung Kabid Humas.

    ” Jadi dari 2 lokasi vaksinasi massal yang digelar itu, jumlah masyarakat yang dapat divaksin hampir mencapai 200 orang, ” tutur Kabid Humas.

    Menuju Herd Immunity “Ditpamobvit Polda Aceh Gelar Vaksinasj Massal di Peukan Bada Dan Ponpes Ma’had Tahfizh Al-ikhlas”Editorial Guslian Ade Chandra 11/11/21

    Saat berlangsungnya vaksinasi massal di 2 lokasi itu turut dihadiri sejumlah PJU masing-masing Satker tersebut dan melibatkan sejumlah petugas vaksinator dari Bid Dokkes Polda Aceh, pungkas Kabid Humas.


    Editorial Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh
    11/10/21

  • Grands Price 10 Orang Pemenang Paket Umroh Menuju Herd Immunity Satu Diantaranya Warga Aceh Tengah

    Vaksinasi Massal di LPMP Aceh Besar, Ini Pemenang Undian hadiah 10 Paket Umroh Aceh tengah peroleh satu orang .

    Vaksinasi massal berhadiah 10 paket umroh yang digelar di Kantor LPMP Desa Niron, Aceh Besar telah dilakukan pengundiannya berdasarkan zonasi, Rabu (10/11/21).

    Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam siaran persnya mengatakan, pengundian itu langsung dilakukan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H. M. M, bersama sejumlah pejabat lainnya secara random kepada masyarakat yang melakukan vaksinasi sejak 25 Oktober hingga 10 November 2021 di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

    Vaksinasi massal yang digelar itu atas kerjasama BPP Hipmi dengan Polda Aceh dalam rangka Hari Pahlawan, sambung Kabid Humas

    Media Catur Prasetya News


    ” Hadiah yang disediakan dalam vaksinasi massal itu dengan hadiah utama 10 paket umroh dan ada bantuan sembako berupa beras, ” kata Kabid Humas.

    Kegiatan vaksinasi massal di Kantor LPMP itu akan dihadiri Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M.M, Ketum BPP Hipmi Pusat Mardani H Maming, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Brigjen Pol. Dr. Drs. H. Agus Kurniady Sutisna, M. M., M. H, calon wakapolda Aceh, PJU Polda Aceh, Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dan sejumlah Pejabat Forkopimda Aceh Besar, serta sejumlah pejabat lainnya, tambah Kabid Humas.



    Lebih lanjut Kabid Humas menyebutkan, berdasarkan undian hadiah 10 paket umroh dalam vaksinasi massal itu, maka berikut ini disampaikan nama-nama pemenang hadiah paket umroh :

    1.Sepila Nanda Putri berasal dari Banda Aceh.

    2. Atta zahwa berasal dari subulussalam.

    3. Sudarman berasal dari Aceh Tamiang

    4. Riski Akbar Aditya berasal dari Aceh Tengah.

    5. Siti Nirwana Ade Wita berasal dari Aceh Jaya.

    6. Mahda Riska Fahira berasal dari Aceh Jaya.

    7. Hasbi berasal dari Gayo Lues.

    8. Almira Devi Riani berasal dari Aceh Besar.

    9. Syarifah berasal dari Nagan Raya.

    10. T. Jasmi berasal dari Abdya.

    Kegiatan vaksinasi di LPMP itu diawali oleh sambutan Ketum BPP Hipmi Pusat, kemudian sambutan Kapolda Aceh dan dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin Habib Syech serta undian 10 paket umroh, kata Kabid Humas.


    Kapolda dalam kesempatan itu turut menyerahkan secara simbolis bantuan sosial berupa beras kepada masyarakat yang melakukan vaksin di Kantor LPMP tersebut, tutup Kabid Humas.


    Editorial Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Subbag Humas Polres Aceh Tengah, By Zen Lporan Whdn

    Breaking CP-NEWS
  • Catatan Kapolda Aceh KunKer Wilkum Resor Aceh Tengah


    Kunjungan Kerja Ke Wilayah Hukum Aceh Tengah, Kapolda Aceh Disambut Haru oleh Para Pejabat Forkopimda Aceh Tengah Dan Turut Pula Hadir Para Alim Ulama Kharismatik Setempat

    Takengon – Catur Prasetya News Kepala Kepolisian Daerah Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H, M. M. dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Aceh Tengah Tepat nya Dikota Takengon Jum’at (5/11/21) Kapolda Aceh juga berkesempatan melakukan silaturahmi dengan Para Pejabat Forkopimda Aceh Tengah dan juga turut bersilaturahmi dengan para Alim Ulama di Aceh Tengah, hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam siaran persnya.
    “.Silaturahmi Kapolda Aceh dengan Forkopimda Aceh Tengah berlangsung di Pendopo Bupati, ” sebut Kabid Humas.

    Media Catur Prasetya News

    Lanjut Winardy menambahkan “Kapolda Aceh bersama rombongan yang tiba di Pendopo Jum’at Pagi sekira pukul 10.00 wib, disambut Bupati Aceh Tengah Drs. Sabela Abubakar, pejabat Forkopimda dan sejumlah pejabat jajaran Pemda Aceh Tengah lainnya” Kata Kabid Humas Polda Aceh

    Lalu Juru bicara Polda ini juga menuturkan rangkaian kegiatan Kunker Kapolda Aceh Saat dipenghujung Acara “Usai silaturahmi dengan Forkopimda Aceh Tengah, Kapolda Aceh bersilaturahmi dengan para Alim Ulama se-Kabupaten Aceh Tengah di Gedung Ummi, tutur Kabid Humas.

    Kabidpenmas Polda Aceh ini mengungkapkan ” Saat silaturahmi itu, Kapolda Aceh diantaranya menyampaikan arahan terkait Kondisi Kamtibmas di Aceh Tengah sangat Kondusif dan mengajak para Ulama untuk mendukung kegiatan vaksinasi dalam rangka menanggulangi Covid-19 dan pemulihan perekonomian masyarakat setempat, “ungkap Winardy

    Kegiatan silaturahmi itu berakhir pada pukul 10.37 wib dan Kapolda Aceh didampingi sejumlah PJU Polda Aceh termasuk Kapolres Aceh Tengah AKBP Nurochman Nulhakim, S. I. K, pungkas Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si,


    Editorial Guslian Ade Chandra,
    Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh
    6/11/21

  • Catatan Kapolda Aceh KunKer Wilkum Resor Aceh Tengah
  • Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Bebek di Agara Oleh Polda Aceh Ditahan

    Banda Aceh – Catur Prasetya News Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melalui Ditreskrimsus menahan satu orang tersangka terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang pada pengadaan bebek di SKPD Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Anggaran 2019, Selasa (2/11/2021).

    Media Catur Prasetya News

    Sehubungan dengan Hal tersebut Dirreskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Sony Sanjaya, S. I. K.,  Siaran Pers dimana dalam keterangan singkatnya menyampaikan, bahwa penahanan yang dilakukan terhadap Tersangka AS setelah dilakukan gelar perkara dan Rangkaian Penyelidikan sehingga Sehingga Penyidik melakukan  penetapannya sebagai tersangka.

    Lanjut dengan Tegas Direktur Disreskrimsus Polda Aceh Menyatakan “AS saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah dilakukan penahanan,” Ungkap Sony Sanjaya, Rabu (3/11).

    Dalam kesempatan itu Sony juga menjelaskan, kalau yang bersangkutan merupakan Pengguna Anggara (PA) dan juga selaku Kepala Dinas Pertanian saat pengadaan bebek itu berlangsung.

    berdasarkan hasil audit, sambung Sony, Perkiraan Kerugian Negara (PKN) sebesar Rp.4,2 milyar.

    “Yang bersangkutan juga Kepala Dinas Pertanian saat itu. Kerugian negara diperkirakan sebesar Rp.4,2 milyar,” terangnya singkat.

    Editorial Guslian Ade Chandra
    Korespondensi Bidpenmas Polda Aceh
    3/11/21

  • Pelaksanaan vaksinasi di seluruh Aceh hari ini, Selasa (19/10/21) mencapai angka 17 ribu lebih masyarakat yang melakukan vaksin.
    Pelaksanaan vaksinasi di seluruh Aceh hari ini, Selasa (19/10/21) mencapai angka 17 ribu lebih masyarakat yang melakukan vaksin. editor Chandra 19/10/21

    Banda Aceh – Catur Prasetya News Pelaksanaan vaksinasi di seluruh Aceh hari ini, Selasa (19/10/21) mencapai angka 17 ribu lebih masyarakat yang melakukan vaksin.

    Media Catur Prasetya News Media Portal On-line MITRA Kepolisian Negara Republik Indonesia


    Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K. M. Si, dalam siaran persnya mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Aceh tersebut secara detail dapat dirincikan lagi.

    ” Secara detail capaian angka masyarakat yang melakukan vaksin berjumlah 17.816 orang dengan lokasi vaksin sebanyak 334 titik dan petugas vaksinator yang dilibatkan sebanyak 1.714 orang, ” sambung Kabid Humas.

    Media Catur Prasetya News


    Berdasarkan hasil capaian vaksin hari ini menandakan masyarakat semakin antusias untuk melakukan vaksin dan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan herd immunity sekaligus mempercepat penanggulangan Covid-19 di Provinsi Aceh, pungkas Kabid Humas.


    Reporter Chandra 19/10/21

  • Sejumlah Proyek Pembangunan DISDIK LHOKSEUMAWE DIKLAIM MILIK PARA PEJABAT FORUMKOMPIMDA
    Laporan Chandra & Bustmam 8/10/21

    Lhokseumawe- Catur Prasetya News sejumlah Proyek Pembangunan didinas Pendidikan kota Lhokseumawe, Senin 4/10 Kadis DIK Lhokseumawe Ibrahim M.Pd mengatakan Bahwa sejumlah Proyek Pembangunan DISDIK adalah sebagian besar Milik Tititpan Seseorang (3/10).



    Ibrahim menambahkan “bahwa sebagian besar proyek milik Walikota, Dandim, Kapolres dan Ketua DPRK ” ucap kadis dik spontanitas didepan Tim Investigasi Media Catur Prasetya News saat dijumpai di halaman Pelantaran kantor Didik Kota Lhokseumawe.

    Lebih Lanjut Coba dihubungi PPPK saudara Gunawan. Mengakhiri pembicaraan Senin sore (4/10).

    Editorial Chandra 8/9/21


    Terkait Sejumlah Rekenan Perkerjaan Proyek SMPN 12 LHOKSEUMAWE DAN SMPN 2 LHOKSEUMAWE Rekanan Perusahaan berbeda, yang mengerjakan proyek satu orang, yaitu sebagaimana pernyataan Gunawan saat dikonfirmasi bersama oknum berinisial A. Alias AJack yang juga Merupakan Bendahara PMI kota Lhokseumawe.



    Lalu Proyek pengerjaan pembangunan di SMPN 11 LHOKSEUMAWE dan SMPN4 Rekanan Perusahaan Yang Berbeda akan tetapi yang mengerjakan proyek orang yang sama yaitu berinisial F .

    Selanjutnya Sistem Informasi berbasis Elektronik yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Lhokseumawe diduga kuat ada disinyalir berbau Nepotisme dan Gratifikasi.

    Demikian Laporan Chandra & Bustamam 8/10/21

Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21

Terkait hal ini, Kapolsek Dewantara meminta agar jajaran Tenaga Pendidik/Kependidikan agar lebih aktif dalam mengakselerasikan percepatan vaksinasi.

“Nanti kami komunikasikan agar mempermudah pelaksanaan vaksin ke Sekolah Sekolah diwilayah hukum sektor Dewantara Polres Lhokseumawe. akan ditingkatkan sehingga pencapaian persentase yang saat ini berada di angka 50% bisa meningkat dan sama capaian yang dilaksanakan secara nasional,” tekan mantan Kanit Reskrim Polsek Dewantara

Terkait dengan pelaksanaan Vaksinasi Tersebut turut hadir Kepala Puskesmas Dewantara Dr Iskandar, juga Hadir Kepala Cabang DIK Aceh Wilayah Aceh Utara Ahmad Yamani S.Pd. M.Pd di SMAN 1 Dewantara, Kapolsek DEWANTARA menyampaikan Pesan Amanah Bapak Kapolres Lhokseumawe, bahwa dengan penguatan proses vaksinasi, akan memperkuat kesiapan dari proses kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal itu tentunya harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat disiplin atau ketat” pungkas AKP. ZAFLAINI, SH

“Vaksinasi pelajar diharapkan dapat memperkuat kesiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan menjadikan vaksin sebagai persyaratan bagi pelajar, guru maupun perangkat sekolah. Vaksinasi di lokasi pendidikan seperti ini juga diharapkan dapat menjadi sentra vaksinasi bagi orang tua murid maupun warga sekitar sebagai upaya akselerasi vaksinasi sehingga segera mencapai target capaian Herd Immunity,” papar ZAFLAINI

Tidak lupa, Kapolsek Dewantara juga mengingatkan meskipun telah mendapat dosis vaksin, Siswa dan Guru agar tetap mematuhi Prokes dan mendownload aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya pemantauan setiap kegiatan masyarakat.

Serbuan vaksinasi di Sekolah sekolah Wilayah Kecamatan Dewantara Kab. Aceh Utara, sementara di SMAN 1 Dewantara Pontianak ditargetkan 700 pelajar mendapat dosis vaksin yang Telah Divaksin Mencapai 350 Lebih Yang Telah divaksin.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SiK MH melalui Kapolsek Turut Apresiasi atas Aksi Giat Kemanusian yang digelar oleh Pihak Sekolah.

“Melihat capaian tersebut, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, mari bersama berbondong-bondong meluangkan waktu untuk melaksanakan program vaksinasi di tempat-tempat yang telah disediakan agar kekebalan komunal dapat segera terwujud,” tutup Kapolsek Dewantara AKP. ZAFLAINI, SH

Laporan Guslian Ade Chandra

Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21
Doc. Chandra Dewantara 27/9/21

Diterbitkan oleh chandracpnews

Media Catur Prasetya News adalah media warga pembelajaran hukum yang adil dan beradab

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai